All posts in:

Remaja Islam

Jangan Beralasan Menunda Menikah Dengan “Ulama Tidak Nikah Karena Sibuk Dengan Ilmu”

J

Sebaiknya jangan beralasan menunda menikah dengan mengatakan : “ulama tidak menikah karena disibukkan dengan ilmu, semisal Imam An-Nawawi dan Ibnu Taimiyyah ”   Ini kurang tepat: Dari mana kita tahu niat mereka tidak menikah karena sibuk dengan ilmu Ada ulama yang menjelaskan bahwa walaupun mereka tidak menikah, tetapi mereka “tasarriy” […]

 Berbuat Baik Kepada Anak-Anak Sebelum Mereka Dilahirkan

Kok bisa? Bagaimana caranya? Perhatikan percakapan ulama berikut   وقال أبو الأسود الدؤلي لبنيه : قد أحسنت إليكم صغارا وكبارا وقبل أن تولدوا . قالوا : وكيف أحسنت إلينا قبل أن نولد ؟ قال : اخترت لكم من الأمهات من لا تسبون بها . Abul Aswad Ad-Duaili berkata kepada anak-anaknya, […]

Jangan Memulai Sesuatu Yang Suci (Pernikahan) Dengan Kemurkaan Allah

J

Pernikahan dan membangun rumah tangga adalah sesuatu yang suci dan anjuran syariat. Dari pernikahan berawal segala sesuatu dan mengubah kehidupan seseorang dengan perubahan yang besar. Kemudian dari pernikahan lahirnya manusia, lahirlah masyarakat dan lahir berbagai perihal kehidupan. Maka janganlah kita memulainya dengan kemurkaan dan ketidakridhaan dari Allah. Jangan kita mulai […]

Wanita Perlu Hati-hati, Sekali Salah Pilih Suami, Susah Lepas, Kemudian Menyesal

W

Wanita perlu Hati-hati: Sekali salah pilih suami, susah lepas, kemudian menyesal Jangan tertipu oleh rayuan dan perngorbanan gombal sesaat Ketika wanita salah memilih suami, tidak sesuai dengan yang diharapkan, ternyata dia manja, “brengsek” serta tidak bertanggung jawab. Maka wanita tersebut susah lepas dalam artian mereka tidak berdaya menghadapi suaminya. Wanita […]

Anak-Anak Pahlawan Dan Pemberani Di Zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

A

Pendidikan adalah hal yang perlu dperhatikan terutama kepada anak-anak dan pemuda. Hal ini sangat diperhatikan oleh agama Islam. Kita bisa lihat bagaimana anak-anak pemuda-pemuda Islam yang masih sangat mulia di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terdidik dengan pendidikan yang luar biasa. Berikut kisah-kisah mereka yang semoga bisa menjadi teladan […]

 Pernah Stress dan Tertekan Karena Skripsi Gak Kelar-Kelar?

“Waduh kok ga kelar-kelar ni skripsi,  bisa ketunda nikah ni gue” “Kok harus skripsi sih tugas akhir? kan ga semua potensi orang itu nyusun skripsi, coba tugas akhir itu buat proyek nyata, perubahan pendidikan kampung misalnya, saya kan tipe orang lapangan” “Waduh, nyerah deh ane, udah bolak-balik konsul, skirpsi ga […]

Jika Tidak Bisa Segera Menikah, Maka Santai, Tenang dan Damai, Urusan Cinta Setelah Kuliah 

J

Fokuslah pada Ilmu, pengembangan diri, menghapal Al-Quran dan hadits, menuntut ilmu agar kelak menjadi manusia yang paling memberikan manfaat. Maka hidup lebih tenang, tidak terusik dan tidak terganggu.Tidak coba-coba mendekat dengan bergosip ria:“ Si fulanah cantiknya 8 tapi si fulanah lebih cantik lagi nilainya 8,5” “Si fulanah asalnya daerah A, […]

Salahkah Aku Jika Jatuh Cinta ?

S

Bukanlah jatuh cinta yang menjadi masalah utama akan tetapi bagaimana menyikapi jatuh cinta yang manjadi permasalahan.Jika kita memisalkan seseorang laki-laki bertemu dengan wanita yang cantik, misalnya di kampus atau di kantor atau di masjid kemudian ia mendengar pula bahwa wanita itu shalihah, penurut, hapalannya baik dan cocok dengan pribadinya. Kemudian […]

Punya Dua Anak Wanita, Bisa Bertetangga Di Surga Dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam

P

Untuk bisa bertetangga dengan beliau disurga tidak mudah, bertetangga disruga tentu berarti masuk surga yang tertinggi dan derajat tertinggi dengan beliau di surga. ini perlu amalan yang agak banyak dan ikhlas contohnya kisah sahabat yang ingin bertetangga dengan beliau di surga, tetapi beliau berkata agar sahabat memperbanyak amalannya berikut haditsnya. […]

Petunjuk Islam Menjaga Pemuda Dari Narkoba

P

Mereka yang tidak senang dengan Islam nampaknya sudah tahu bahwa: “jika ingin menghancurkan Islam, bukan dengan cara merobek Al-Quran, mencaci-maki Nabi mereka atau menyerang Ka’bah, maka serentak seluruh umat Islam dari berbagai penjuru dengan mengorbankan harta, jiwa dan raga mereka akan membela mati-matian. Tetapi caranya dengan merusak pemuda mereka, seks […]