Home / Adab / Mimpi Basah, Keluar Mani, keluar Madzi, Keluar Wadhi Ketika Puasa

Mimpi Basah, Keluar Mani, keluar Madzi, Keluar Wadhi Ketika Puasa

keluar mani, madzi wadi ketika puasa

Beberapa kasus dengan judul di atas sering ditanyakan oleh beberapa orang. Berikut sedikit pembahasannya.

 

Beda antara Mani, Madzi dan Wadhi

Perlu mengetahui beda antara ketiganya.

1.Mani

Ini sudah di ketahui oleh banyak orang. Hukumnya adalah SUCI

Ciri-cirinya:

1. الخروج بشهوة 2. يعقب خروجه فتور في الجسم 3. لونه أبيض مائل للصفرة . 4. ثخين ليس رقيقاً . 5. يخرج دفقاً وفي دفعات . 6. رائحته تشبه  طلع النخل أو رائحة العجين ، وإذا يبس يكون رائحته كرائحة بياض البيض الجاف .

1.keluar dengan syahwat

2.setelah keluarnya badan menjadi sedikit melemah (rilek)

3. warnanya putih dan ada juga kekuning-kuningan

4.tebal tidak tipis/fragile

5.keluar dengan memancar (muncrat) dalam beberapa kali pancaran

6.baunya menyerupai mayang kurma atau bau adonan. Jika kering baunya seperti putih telur yang kering

 

2.Madzi

Ini memang agak susah dibedakan dengan mani jika tidak tahu benar bedanya. Hukumnya NAJIS

ماء رقيق لزج شفاف لا لون له يخرج عند المداعبة أو تذكر الجماع أو إرادته أو النظر أو غير ذلك ويخرج على شكل قطرات على رأس ـ الذكر ـ وربما لا يحس بخروجه

Madzi adalah cairan yang tipis, kental dan transparan tidak berwarna, keluar ketika mencumbu atau mengingat-ingat jima’, menginginkan, melihatnya atau yang lain. Keluar dalam bentuk tetesan pada kepala penis, bisa jadi ia tidak merasakan ketika keluarnya.

 

3.wadi

Ini juga jarang diketahui oleh orang. Hukumnya NAJIS

يخرج عقب ( البول ) وهو غير لزج ، أبيض ثخين يشبه البول في الثخانة ويخالفه في الكدورة ولا رائحة له

Keluar setelah kencing dan tidak kental, berwarna putih tebal menyerupai kencing dalam ketebalan tetapi berbeda dalam hal kekeruhan dan bau.[1]

 

Mimpi basah ketika puasa

Puasanya tidak batal. Berikut fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah,

من احتلم وهو صائم أو محرم بالحج أو العمرة فليس عليه إثم ولا كفارة ولا يؤثر على صيامه وحجه وعمرته، وعليه غسل الجنابة إذا كان قد أنزل منيا

Barang siapa yang mimpi basah sedangkan ia dalam keadaan puasa, berihram, haji atau umrah maka tidak ada dosa dan kafarah baginya dan tidak berpengaruh terhadap puasa, haji dan umrahnya. Wajib baginya mandi janabah jika telah keluar mani.[2]

 

Keluar Mani ketika puasa

Jika mani keluar karena ingin melampiaskan syahwat seperti jima’, mencium istri, mencumbu atau melihat wanita dengan berulang-ulang. Maka pendapat terkuat adalah membatalkan puasa. Karena hakikat puasa adalah meninggalka syahwat

Syaikh Muhammad shalih Al-Munajjid hafidzahullah berkata,

والتسبب في إنزال المني من مفسدات الصيام كما لو جامع أو قَبَّل أو باشر ، أو كرر النظر إلى النساء فأنزل منيا ، فيفسد صومه

“Melakukan sebab keluarnya mani merupakan pembatal puasa seperti berjima’, mencium, mencumbu atau melihat wanita berulang-ulang. Kemudian keluar mani maka puasanya batal.”[3]

 

Adapun jika tidak ada keinginan, mani keluar sendiri maka tidak membatalkan.

Pertanyaan:

س: أشكو نزول السائل المنوي في أيام رمضان أثناء الصيام بدون أي احتلام أو ممارسة العادة السرية فهل في هذا تأثير على الصوم؟ أفيدونا أفادكم الله.

Saya punya keluhan yaitu keluarnya mani pada bulan Ramadhan ketika puasa tanpa mimpi dan tanpa melakukan onani apakah ini ada pengaruhnya terhadap puasa saya?

 

ج: إذا كان الأمر كما ذكر فإن نزول المني منك بدون لذة في نهار رمضان لا يؤثر على صيامك وليس عليك القضاء.

Jika perkaranya sebagaimana yang disebutkan maka keluarnya mani tanpa ada rasa nikmat pada siang hari bulan Ramadhan tidak berpengaruh terhadap puasamu dan tidak wajib bagi engkau mengqhada.[4]

 

Keluar madzi ketika puasa

Adapun madzi maka tidak membatalkan puasa.

Ibnu Qudamah Rahimahullah berkata,

وذهب أبو حنيفة والشافعي إلى أن نزول المذي لا يفطر به مطلقا سواء نزل بمباشرة أم بغيرها ، وأن المفسد للصيام هو نزول المني لا المذي .

“Abu Hanifah dan As-Syafi’i berpendapat bahwa keluarnya madzi tidak membatalkan puasa secara mutlak baik dengan cara mencumbu atau yang lain yang membatalkan adalah keluarnya mani bukan madzi.”[5]

Syaikh Abdul Aziz bn Baz rahimahullah berkata,

خروج المذي لا يبطل الصوم في أصح قولي العلماء ؛ سواء كان ذلك بسبب تقبيل الزوجة ، أو مشاهدة بعض الأفلام ، أو غير ذلك مما يثير الشهوة

“keluarnya madzi tidak membatalkan puasa menurut pendapat yang shahih dari dua pendapat ulama. Sama saja apakah sebabnya mencium istri atau melihat film atau yang lainnya yang bisa membangkitkan syahwat.”[6]

 

Keluar wadi ketika puasa

Ini juga tidak membatalkan puasa. Berikut fatwa dari Al-Lajnah Ad-Daimah,

: خروج الماء اللزج الغليظ بعد البول بدون لذة ليس منيا وإنما ذلك ودي ولا يفسد الصيام ولا يوجب الغسل وإنما الواجب منه الاستنجاء والوضوء وما دام أنك لم تفطر ولم تنو الإفطار قبل الغروب فإن صيامك صحيح وليس عليك القضاء

Keluarnya cairan yang kental dan tebal setelah kencing tanpa rasa nikmat bukanlah mani, itu adalah wadi. Ini tidak membatalkan puasa, tidak wajib mandi janabah. Yang menjadi kewajiban adalah membersihkan (istinja’) dan wudhu. Selama engkau belum berbuka dan belum berniat berbuka sebelum tenggelamnya matahari, maka puasamu sah dan tidak wajib bagimu mengqhada[7]

 

Demikian pembahasan singkat ini semoga bermanfaat.

 

@Perpus FK UGM, 3 Ramadhan 1434 H

Penyusun:  dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.muslimafiyah.com

 

silahkan like fanspage FB , subscribe facebook dan   follow twitter

 


[2] Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah no.7790 , pertanyaan kedua, syamilah

[4] Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah no.10645, syamilah

[5] Al-Mughni 4/363

[6] Majmu’ Fatawa syaikh bin baz 15/267

[7] Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah no. 11535, syamilah

169 Comments

  1. Cara membersihkan ketiga jenis itu bisa dijelaskan mas…

  2. Farmawati says:

    Info yg sgt bmanfaat..

  3. Mantap,,dgn gemar membaca paling tidak kita dpt ilmu,,dengan sgala petunjuk di atas,ini suatu ilmu yg patut kita acungkan jempol

  4. ien al_barra says:

    Sangat manfaat_
    Aku sering kaya gitu, di kiranya mani ??? Eehhh ternyata salah kaprah_

    Thank’s bgt bwt info’a bang_

  5. Rezzy says:

    thanks mas infonya ..
    sy was was karna takut puasa saya menjadi batal.
    mas mau tanya apakah wadi itu sebuah penyakit

  6. imung says:

    tolong jelaskan apakah ketika mimpi madzi bisa membatalkan puasa???
    contoh mimpinya ;
    saya bermimpi melihat wanita setengah telanjang. akan tetapi, saya menikmati mimpi itu.
    ketika saya periksa di siang hari cairan yang keluar tetapi telah mengering berbentuk seperti puth telur yang telah mengering..

  7. Nur Desi Hariyanto says:

    apa perlu kalo keluar madzi harus mandi besar?

  8. romi says:

    apakah mimpi basah saat bulan ramadhan tidak membatal kan puasa,meskipun kita sebelu tidur ber ke inginan untuk mimpi basah

    • Dicky says:

      Misalnya kita merencanakan tidur siang untuk bisa bermimpi basah dan memang dialami. Itu bagaimana hukum puasanya? Karena kan mimpi itu diluar kendali diri kita, sedangkan ketika masih sadar kita sengaja berencana tidur siang untuk bisa mimpi basah.

  9. hadi says:

    saya onani di siang hari tp sbentar tidak sampai kluar mani cma kluar madzi
    apakah puasa saya batal ???

  10. jaka permana says:

    assalamu’alaikum

    mau bertanya, apa hukumnya.. ketika ramadhan, bangun sahur dalam keadaan telah mmpi basah, ketika ingin mandi, aur tidak ada dan tidak mengalir (posisi saat itu sedang nge-Kost) hingga lewat subuh, sedangkan itu mmpi basah kan bukan keinginan kita, mohon jawabannya
    terimakasih

    wassalam

  11. Darus says:

    assalamu’alaikum

    Saya mau bertanya.
    Hari ini saya onani,ketika mani ingin keluar saya tahan sampai saya terbangun.ketika saya terbangun saya check ternyata keluar mani.apa kah itu membatalkan puasa ?
    Atau saya harus mandi wajib untuk meneruskan puasa saya.
    Mohon jawabannya.
    Terimakasih.

    Wasalam

    • Ada 2 pndpat ulama disini apaah mmbatalkn atau tidak
      yg tidak batal mengatakan bahwa tidak bisa diqiyaskan onani dgn jima’ krna berbeda
      sdgkan yg btal mngatakan dalil hadits meninggalkan syahwat ketika puasa

      Sebaiknya sgra mandi wajib

    • Wa’alaikumussalam
      Ada 2 pndpat ulama disini apaah mmbatalkn atau tidak
      yg tidak batal mengatakan bahwa tidak bisa diqiyaskan onani dgn jima’ krna berbeda
      sdgkan yg btal mngatakan dalil hadits meninggalkan syahwat ketika puasa

      Sebaiknya sgra mandi wajib

  12. angga says:

    Mengapa onani waktu puasa membatalkan puasa?
    Saya pernah baca kalo itu tidak membatalkan puasa

  13. ricky says:

    Saya melihat video perempuan seksi lalu saya keluar madzi/mani itu membatalkan puasa gak ya?

  14. Akhwat says:

    Assalaamu’alaikum ustadz.
    Sy sering mengalami keputihan/wadi. Jd,setiap bangun tidur&mendapati cairan di celana,sy sering ragu apakah ini wadi atau mani. Padahal sy tdk mengalami ihtilam,tdk merasakan syahwat,dan tdk melakukan sesuatu yg merangsang.Krn keraguan ini,sy mjd dihinggapi was was yg menyuruh sy selalu mandi besar setiap bangun tidur mendapati cairan,dan ini membuat sy tdk tenang beribadah. Pertanyaan sy:
    1.Apa yg hrs sy lakukan utk menghilangkan was was ini?
    2.Jk sy tdk yakin cairan itu adl mani (krn tdk ihtilam,tdk lemas,dan cairan tdk berbau),dosakah sy jk tdk mandi wajib?
    Tksh byk. Wassalaamu’alaikum.

  15. firman says:

    apakah boleh saat mengeluarkan madzi lagu mandi besar

  16. Namikaze DIaz says:

    assalamualaikum wr,wb

  17. DIaz says:

    assalamualaikum wr,wb. saya mau bertanya ,tadi saya tidur,trus keluar mani,saya tidak tahu jika itu mani,saya langsung bangun dan memegang alat kelamin saya.saya tidak tahu jika masih ada sisa mani,trus maninya keluar.bagaimanakah puasa saya batal atau tidak.terimakasih assalamualaikum,wr,wb

  18. hamzah says:

    assalamualaikum
    maaf yaa ini kalo misalkan saya sudsh berhubungan semisal mencium atau memegang daerah wanita istri saya saat bulan puasa, tetapi ketika sedang melakukan hal itu tidak keluar mani akan tetapi setengah jam kemudian sesudah saya melakukan hubungan itu keluar mani apakah saya batal puasanya?

  19. hukum puasa says:

    alhamdulillah puasa tetap sah
    makasih infonya ya

  20. Abdulloh says:

    Assalamu’alaykum ustadz

    ana mau bertanya tadz
    setelah subuh waktu ramadhan tertidur kemudian mimpi basah
    tapi dalam mimpi itu keadaannya setengah sadar tadz inget dikit-dikit kalo lagi puasa
    itu gimana tadz??

  21. Deni SS says:

    Assalamualaikum Ustadz
    Saya ingin bertanya
    Saya seringkali merasa ragu-ragu mengenai apakah saya sudah melakukan mandi wajib saya dengan benar atau tidak, dan seringkali saya terkadang mandi biasa pun masih dilanjutkan oleh mandi wajib
    Dan terakhir kali seingat saya mimpi basah sehari sebelum puasa, dan saya sudah melakukan mandi wajib sebagaimana mestinya, tapi entah kenapa saya masih seringkali merasa ragu-ragu atas mandi wajib yang saya lakukan, dan pada akhirnya saya sering tetap mandi wajib pada saat puasa walaupun tidak ada keluar mani pada saat saya berpuasa.
    Apakah itu mempengaruhi pahala dan ke sah an saya dalam berpuasa atau tidak?Mohon arahannya Ustadz, karena ini seringkali terjadi selain pada hari puasa pun, saya terkadang melakukan mandi wajib bahkan mimpi basah atau keluar mani tersebut sudah terjadi pada beberapa hari sebelumnya dan tak terjadi pada saat saya mandi wajib tersebut.
    Dan saya ingin meminta saran, bagaimana agar menghilangkan keragu2an tersebut Pak Ustadz dalam beribadah kita kepada Allah SWT, ntah keragu2an kita dalam melakukan puasa, wudhu, dan solat (ragu apakah sah atau tidak saat kita selesai mengerjakannya)
    Maaf merepotkan, semua kita semua selalu diberkahi oleh Allah SWT, Aamiin
    Wassalam Wr. Wb.

  22. Deni SS says:

    Assalamualaikum PakUstadz
    Saya ingin bertanya
    Saya seringkali merasa ragu apakah saya sudah melakukan mandi wajib saya dengan benar atau tidak, sehingga saya terkadang mengulang mandi wajib tersebut setelah mandi biasa.
    Dan seingat saya, saya mengalami mimpi basah sehari sebelum puasa, dan saya pun melakukan mandi wajib sebagaimana mestinya, tapi ntah kenapa rasa ragu2 tersebut kembali muncul sehingga saya pada akhirnya tetap mandi wajib setelah mandi biasa disaat puasa walaupun mimpi basah/keluar mani tsb terjadi sebelum puasa.
    Apakah dengan sering mandi wajib walaupun pada hari kita mandi wajib itu tidak keluar mani mempengaruhi ke sah an dan pahala puasa kita?Karena ini seringkali terjadi pada saya selain pada hari puasa pun. Saya selalu ragu pada mandi wajib saya ketika keluar mani, dan terkadang saya tetap melakukan mandi wajib di setiap mandi biasa saya selama beberapa hari setelah keluar mani.
    Saya ingin mengetahui saran dari Pak Ustadz juga mengenai bagaimana caranya agar kita dapat menghilangkan rasa keragu2an tersebut dalam hal beribadah pada Allah SWT, ntah seringkali merasa masih tidak sah atau merasa batal ketika mandi wajib, wudhu, dan solat sehingga sering mengulangnya kembali.
    Mohon arahannya Pak Ustadz, maaf merepotkan dan semoga kita semua selalu diberkahi oleh Allah SWT, Aamiin
    Wassalam Wr. Wb.

  23. servis laptop semarang says:

    bermanfaat sekali bagi saya hususnya, semoga berkah

  24. gunawan says:

    Apakah membatalkan puasa ketika malem hari ber onani trus kita lupa mandi wajib

  25. eric pratama says:

    Jika selesai mandi besar , masi terdapat mani yang menempel di kemaluan . Apakah harus mandi lagi atau tidak ?

  26. eric pratama says:

    Jika setelah mandi wajib masi terdapat mani yang kering , apakah harus mandi wajib lagi ?

  27. rizki says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Ustadz afwan ,apakah hadits diatas shahih ?

  28. bagus says:

    Assalamualaikum ,,, saya mau tanya, saya sering keluar madzi & wadhi. Dan cairan itu sering mengenai celana dalam saya. Saya menjadi bingung apakah sholat saya sah jika pakaian saya terkena madzi & wadhi? Dan bagaimana cara membersihkan pakaian yang terkena madzi & wadhi? Mohon penjelasannya,, terimakasih. Wasalamualaikum

  29. Muhammad Luthfi says:

    Ass WrWb… Gan saya puasa ,tapi saya tidur tengkurap. Saya agak merasa enak dan waktu saya cek ada air di ujung itu saya tapi sedikit dan tidak berwarna dan juga tidak bau. Apakah itu batal puasa atau tidak? Apakah itu mani atau madzi?

  30. Heriyanto says:

    Di malam bulan ramadhan sy sedang nonton film porno, setelah itu di penis sy seperti ingin mengeluarkan sesuatu entah mani atau wadi, namun sy tahan tp tetap keluar, yg sy tanya itu mani atau wadi, jika mani apakah untuk sy? Apakah puasa sy yg kemarin2nya hangus? Mohon penjelasannya..

  31. Rudy says:

    Assalamu’alaikum.
    Sy mau tanya mas, Saya selepas subuh sering minta di pegang penis saya sama istri sampai mengeluarkan mazi ( di saat puasa ) , nah apakah puasa Sy bisa batal ?

  32. Mario Januzaj says:

    Saya ingin bertanya apa hukumnya mengeluarkan sperma di malam hari pada saat bulan ramadhan apakah sama dengan hukum melakukan nya di siang hari? Tolong jelaskan??

  33. Miko Rimbayong says:

    Assalamualaikum….
    Saya mau tanya, Tadi sy membersihkan penis dengan sabun sehingga membuat penis saya terangsang.. Oleh karena itu penis saya tekan agar tidak menggeluarkan air mani dan ternyata tetap mengeluarkan air mani, apakah puasa saya menjadi batal?

  34. solikin says:

    Saya mau tany .ketika puasa penis saya sering tegang lalu keluar madzi.
    Dan itu karna membayangkan wanita sexi melihat foto2 sexi trus keluar madzi. Rasanya pingin sahwat tapi saya tahan sehingga cuma kluar madzi .
    Apakah puasa saya batal ato tidak.

  35. siyam says:

    Assalamualaikum.. ketika malam hari. Mw bangun sahur kedapatan q mimpi basah nth mimpi apa g jelas tp ketika bangun sudah basah celana saya?waktu mw imsak tinggal 15 menitan..apa saya haruz mandi suci sedangkan q g ada niat mengeluarkanya?

  36. anom says:

    Assalamualaikum,
    Maaf mau tanya,
    Klo kluarya sperma mlm, apkah puasa esok hri bisa sah, mndi junub nya udah lewat jam imsya n udh waktu shubuh,
    tlong uraikan cara toubat kpd Allah SWT, bagi orang yg sngaja onani,(pd wktu itu blom tau hukumnya onani)

    Trimakasih,

  37. dedy says:

    Mas mau nanya…
    Pada saat selepas subuh saya tidur..kemudian mimpi bercumbu dngn wanita…setelah itu “Punya” saya mau mengeluarkan mani..tpi saya terbangun dan mengucapkan istighfar..tpi akhir nya tidak bisa menahan lg..dan akhir nya keluar mani saya..apakah puasa saya batal??
    Mohon jawaban nya…

    • Tidak batal puasanya

      • Efen Karepesina says:

        Ass..
        Mas saya mau nanya abies sahur saya langsung tdr dan juga bermimpi bercumbu dngan seorang wanita..dan tiba saya bangun ngga bisa tahan langsung air mani keluar seperti sel” kecil yg berwarna putih apakah itu mani atau apa ?
        dan saya bangun ucapkan istigfar..selanjutnya saya mandi wajib..

        Apakah itu membatalkan puasa saya.

        Wsss…

      • Tidak batal.puasanya…

  38. Budi says:

    Kalau sudah onani langsung mandi besar lalu setelah itu keluar madzi, apakah harus mandi besar?

  39. suardi says:

    Assalamualaikum. Saya melihat cwe telanjang sewaktu selesai makan sahur..pas waktu imsak air mani aq keluar. .
    puasa nya batal gak.?

  40. abdul ghafur says:

    Assalamu’alaikum

    Ustad, jika seseorang keluar mani dengan disengaja saat berpuasa ramadhan, apakah hanya mengganti di hari lain atau harus membayar kafarat?

    Syukron

  41. Riza says:

    Assalamualaikum wr.wb. saya mau tnya klo kita tidak sanggup mnjalankan smua dendanya baik puasa 2bln maupn mmberi mkn ank yatim bgAimna ? Apa yg harus dlakukn untuk mmbayarnya ? Terimakasih

  42. Rian says:

    Salam

    Magaimana cara untuk membayar hutang karena mengeluarkan air mani pada saat berpuasa ?
    Apa hukum nya?

  43. Rian says:

    Salam
    apa hukumnya mengeluarkan mani pada saat berpuasa dan disengaja pada pagi hari?
    Cara untuk agar tidak dosa bagaimana ?

  44. alfin says:

    Mas mau nanya juga…
    Saya mngalami mimpi basah dibulan puasa dan saya berniat mandi besar. Pada saat saya mandi besar saya membersikan anu saya dan kluar cairan bening namun tidak kental. Apakah itu membatalkan puasa saya?.. Dan apakah boleh saya melanjutkan puasa saya?..Tolong di jawab mas

  45. Efendi says:

    Asss…

    Saya mau bertanya tadi selesai subuh saya tdr..dan saya mimpi basah dan keluar air mani yg warnanya putih kecil2, dan sesudah itu saya bangun dan mandi wajib..

    apakah itu membatalkan puasa saya atau tdk ?

  46. EFENDI says:

    Asss..

    Mas saya mau tanya tadi selesai sahur saya tdr dan bermimpi bercumbu dengan seorang wanita dan saya bangun air mani saya sudah keluar warnanya putih seperti sel” kecil bgt dan saya ucapkan istigfar..

    kemudian saya bangun dan mandi wajib,,apakah ini bisa membatalkan puasa saya..

    Tolong di jawab pertanyaan saya..

    Wassalam…

  47. Efendi says:

    Ass…
    Mas saya mau tanya..

  48. Mabrur says:

    assalamualaikum, mau tanya ?
    ketika keluar madzi kenapa kok tidak boleh mandi wajib?
    dan apa bila ragu, dan kemudian mandi wajib itu hukumnya bagaimana? apakah puasanya juga batal?

  49. bagus says:

    assalamu’alaikum wr.wb
    onani setelah berbuka puasa apakah membatalkan puasa?

  50. veno hanggara says:

    makasi bang,

  51. syauqi yusuf says:

    Assalamu’alaikum saya mau tanya pak ustadz kalau ada orang yang mimipi basah pda waktu puasa . Hukumnyw tidak btp puasanya tapi dia mau melakukan sholat dhuhur & blm mandi janabah . Dia itu was2 jika mandi akn menyebabkan puasanya batal karena syarat wajibnya mandi janabah itu meratakan air keseluruh tubuh termasuk lubang dubur dan masuknya air ke dubur puasanya akan batal
    Pertanyaanya pak ustad
    1.apakah orang itu masih diwajibkan mandi janabah sebelum sholat .sedangkan jika ia mandi puasanya akan batal ?
    2.bagaimana jika orang itu sholat duhur sebelum mandi janabah karena ia takut puasanya menjadi batal karena mandi itu ?
    3.apakah ia berdosa jika ia sholat duhur sebelum mandi janabah karena takut puasanya batal? Dan apakah dia wajib menqodho sholat nya ? Dan kpn waktunya?
    Mohon penjelasanya.. Trimakasih
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  52. Anon says:

    Saya Mau Bertanya , saat saya tidur saya bermimpi sedang melihat wanita setengah telanjang , setelah itu saya terbangun dan keluar air warna putih tidak (muncrat),dalam bentuk tetesan dan bau seperti adonan , setelah mengering seperti menjadi putih telur apakah itu madzi apa air mani

    Terima kasih

  53. Hilmansyah says:

    Assalamualaikum
    maaf sya mau nanya…wajib mandikah? jika sya pas bangun tidur suka keluar cairan…tapi gak kerasa nikmat, gak muncrat, dan gak mimpi jimak…apakah itu penyakit? dan keluarnya juga gak banyak…

  54. Kan Pada malam hari ane tidur seperti mani mau keluar atau kencing saya tidak tau juga, Pada siang nya ane mandi pas kencingnya kluar mani nya, batal gak puasa saya bang

  55. ardi says:

    Assalamu’alaikum,

    saya ingin bertanya, jika malam hari dibulan Ramadhan saya menonton porno, tetapi saya hanya dalam keadaan syahwat saja tanpa melakukan tindakan onani, dan tubuh tidak rileks, dan tidak mengeluarkan apa2 ,namun ketika saya kencing ,ketika saya membersihkan alat kelamin saya hingga kedalamnya, saya mendapati seperti ada rrasa licin didalamnya, dan hal saya lakukan saat itu hanya mencucinya memakai sabun, yg saya akan tanyakan, termasuk cairan apakah itu?, dan apakah cara saya membersihkannya sudah benar?, dan apakah berpengaruh pada ke sah an puasa dan sholat saya selama ini? ,terima kasih…

  56. ardi says:

    Assalamu’alaikum,

    saya ingin bertanya, jika malam hari dibulan Ramadhan saya menonton porno, tetapi saya hanya dalam keadaan syahwat saja tanpa menyentuh kubul, dan tubuh tidak rileks, dan tidak mengeluarkan apa2 ,namun ketika saya kencing ,ketika saya membersihkan alat kelamin saya hingga kedalamnya, saya mendapati seperti ada rrasa licin didalamnya, dan hal saya lakukan saat itu hanya mencucinya memakai sabun, yg saya akan tanyakan, termasuk cairan apakah itu?, dan apakah cara saya membersihkannya sudah benar?, dan apakah berpengaruh pada ke sah an puasa dan sholat saya selama ini? ,terima kasih…

  57. ri says:

    Assalamu’alaikum.
    permisi, saya mau tanya pak, sebelum subuh saya mendapati mimpi basah, lalu kemudian saya mandi wajib. Sekitar pukul 6 saya sekali pergi buang air kecil, kemudian bebrapa jam kemudian ketika saya hendak buang air kecil lagi, saya mendapati ada cairan di CD saya. Awalnya saya menganggap itu wadi. Namun itu beraroma seperti layaknya mani, namun saya tdak sadar akan keluarnya cairan itu, dan tanpa disertai syahwat juga tentunya.. Apabila itu mani, apakah saya wajib untuk mandi kembali ? dan bagaimana caranya mandi wajib ketika siang hari di bulan puasa(dalam hal ini perkara berkumur, memasukan iar ke hidung, dll.) ? .
    mohon jawabannya pak, terima kasih .

    • Wa’alaikumussalam,
      lihat kembali cirinya,
      pada siang hari mandi sperti biasa, tidk ada bedanya dgn selain ramadhan secara umum, kecuali ketika berwudhu pas istinsyaq (memasukkan air ke hidung) jangan.berlebihan

      • AN says:

        Assalamu’alaikum
        Saya mau tanya,saya kerja masuk malam dari jam 12 sampai jam 7 pagi,,pas pulang saya langaung tidur,lalu saya mimpi basah,dan saya melakukan mandi wajib di siang hari,,itu hukumnya apa pas ustad ?

      • wa’alaikumussalam, tetap mandi wajib jika memang mimpi basah

  58. andi says:

    Assalamualaikum. Saya mau bertanya
    Sudah bberapa hari ini . Setiap saya buang air kecil atau saat buang air besar , saya kadang melihat ada cairan bening keluar dari kemaluan saya . Warnanya bening . Ketika saya letakkan di jari , saya gosokkan sedikit ke jari yg lain , warnanya menjadi putih gitu . Apakah itu wadi ? Saya tidak ada dasar syahwat . Apakah ini normal ? Sudah 2 atau 3 hari saya mengalami ini . Terima kasih

  59. wahyu says:

    numpang tnya mas..jika sebelum tidur sya smpt mnonton film porno..lalu ketoka sy tidur sya mngeluarkan mani..apakah batal puasa sya

  60. rian says:

    Assalamualaikum
    Saya mau tanya
    Saya mau cerita kejadian nya begini di masjid
    Sebelum shalat tarawih kan ada ceramah nah pas ceramah saya sms dengan wanita
    Nah pas sms saya tertarik dengan dia.
    Nah pas ceramah selasai saya shalat tarawih
    Pada rakaat keberapa gtu saya mengeluarkan cairan atau air mani saat sedang shalat tarawih.
    Setelah shalat tarawih selesai saya pulang kerumah saya penasaran apakah benar cairan itu kluar atau tidak…
    Pas saya pulang saya mengecek di kamar mandi ternyata ada bekas nya di celana dalam saya dan di alat kemaluan saya mengeluarkan juga.
    Nah itu gimana ya hukum nya apakah saya dosa besar mengeluarkan cairan sedang shalat tarawih di dalam masjid
    Atau bagaimana
    Mohon penjelasan nya
    Terima kasih sebelum nya
    Wassalamualikum

  61. Garda says:

    Ass
    Saya keluar air mani pada siang hari apakah puasa saya batal dan apakah harus mandi wajib

  62. Ass
    Kami klr air mani pada siang di bulan puasa apakah batal puasa saya dan harus mandi wajib

    • kalau tidak sengaja, maka tidak batal

      • Juan Hadi Saputra says:

        Saya mau tanya, setiap saya selesai kencing, tiba-tiba saya pengen lagi dan yang keluar itu adalah mani, saya kira itu adalah wadi, tapi pada saat saya cium, ternyata baunya tak sedap seperti bau adonan roti, ciri ciri nya seperti mani, dan badan saya seperti lemas sedikit. padahal saya tidak ngapa-ngapain dan tidak memikirkan sesuatu. dan saya kencing nya itu pada saat puasa, pertanyaan nya, apakah puasa saya batal dan harus membayarnya? Sudah 6 hari berturut-turut saya mengalami hal itu. Mohon pencerahannya.
        Wajib mandi junubkan???

  63. Ass
    SAYA sering keluar air maini saat bulannpuasa tetapi saya tidak berpikiran yg aneh aneh . Air mani itu keluar sendiri itu terjadi saat sedang puasa apakah sayah harus membatalkan puasa dan maindi wajib terimakasih

  64. AN says:

    Mandi wajib di siang hari hukumnya apa pak ustad,,di bulan biasa,bukan bulan ramadhan ?

  65. Abdullah says:

    Assalamu’alaikum.
    Dok saya pria umur 20an, seringkali ketika saya mimpi basah kok yang keluar bukan cairan seperti mani tapi lebih mirip ciri dari madzi atau wadhi (bening sedikit keabuan, lengket, tidak begitu kental, dan memiliki aroma yang khas), bekas yg tersisa di celana juga bukan noda bercak yg bisa DIKERIK tetapi lebih seperti basah melebar dan lumayan banyak.

    Pernah saya langsung terbangun begitu saya merasakan keluar dalam mimpi dan saya TIDAK merasakan lemas/nikmat/eforia seperti yang diterangkan jika mani keluar.

    Saya tidak melakukan onani sehingga belum pernah mengamati ciri-ciri sperma secara langsung, namun saya pernah melihatnya di film dewasa.

    Pertanyaan saya:
    1. Berdasarkan ciri-ciri yg saya jelaskan, cairan tersebut termasuk mani, madzi, atau wadhi?
    2. Normalkah kejaian ini?
    3. Jika bukan mani, wajibkah saya mandi junub?

    Syukron ustadz/dokter.

    • Wa’alaikumussalam
      1. Kemngkinan kuat itu adalah mani, krna pas tidur tidk terasna nikmat memang pas keluarnya
      2. Normal jika tidk terlalu sering
      3. Jika bukan mani, tidk wajib mandi wajib

  66. Hasimm says:

    Salam..saya nk tanya kalau keluar mani secara sengaja itu sudah dikira balight atau tidak??

  67. ina says:

    assalamualaikum.
    1)apekah hukum mimpi jika melihat org berkhawin langsung si isteri cium pipi sang suami
    2)ape harus dibuat jka mimpi terangsang cth diganggu scr seksual oleh seorang perempuan lalu bila bangun ada cairan putih licin yg jernih.apakah cairan itu
    3)saye ade buat masturbinasi dengan air dlm keadaan pancutkan air dan saye ghairah.perbuatan itu sudah lama dr saye awal remja..saye tidak tahu itu adakah termasuk onani dan sekarang sudah insaf..jd apakah harusnya ke atas puasa wajib saye serta solat wajib
    4)jk die berkayal ,membaca perkara yg ghairah, tonton benda porno lantas ghairah apakah jenis cairan itu

    pd question no 3 mungkin saye ade terbaca yg mana kk die berkayal itu tdk perlu mandi wajib kerna yg keluar adalah mazi dan mohon penceraham ttg mani dan mazi prmpuan

  68. Obi says:

    Saya bermimpi, dalam mimpi itu saya buang air kecil tapi tidal mimpi jima. Pas bangun dalam celana saya basah sedikit dan pas bangun juga tidak lemas. Apakah saya harus mandi junub atau tidak?

  69. Faisal says:

    saya mau bertanya, apabila ketika tidur saya tidak bermimpi tetapi keluar cairan yang tidak bisa saya rasakan dan hal itu berbau layaknya sperma. menurut anda bagaimana ?

  70. riko riadi says:

    Slmikum.
    Mau tanya ni, kalo keluar mani di siang hari saat puasa dgn disengaja karena tekanan faktor lingkungan hukum nya gmna ya ?
    Tq

  71. kiki says:

    Bismillah, ustadz maaf saya mau bertanya. Saya berumur muda dan masih duduk di sekolah tingkat lanjutan atas. Masalah yang saya hadapi sekarang adalah, mudahnya air madzi keluar. Jika saya melihat suatu hal yang Membangkitkan syahwat. Jujur saya tidak bisa mengendalikan hal itu. Tolong bantu saya ustadz, apakah ada saran agar air madzi tidak mudah keluar dan apakah ada pengobatan secara medisnya?
    Jazakallahu khairan

  72. Ukhty says:

    Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh, ustaz saya adalah seorang wanita kemudian saat saya tidur saya merasakan syahwat naik (seperti mimpi basah) kemudian saat saya cek saya hanya melihat cairan yang sama persis dengan keputihan yang saya alami sehari hari, warnanya bening dan baunya tidak seperti putih telur, apakah saya harus mandi wajib ustaz? Saya merasa yakin itu keputihan tapi di sisi lain karena saya merasakan syahwat saya takut itu keluar karena syahwat sehingga dihukumi air mani, jazakallah ustaz

  73. Gimana kalau siank itu ketika msh tlvonan trs air mani tnpa sengaja n tdk d inginkan kluar apakah puasa nya batal. . Mohon mnta prtimbngn nya. .

  74. Abel Reyhan says:

    Assalamualaikum,saya kan melihat film dan tanpa sengaja ada adegan “bercumbu” dan langsung saya merasakan basah di celana saya,setelah saya cek warnanya transparan trus keluarnya menetes beberapa kali,apakah ini air mani?

  75. Erdika says:

    Ustadz, kalau tidur di bulan puasa, trus tiba tiba mimpi basah gimana dg puasanya ustadz,,?

  76. muthaqin anwar says:

    saya melakukan onani di malam hari tapi saya belum mandi wajib sampai siang, apakah puasa saya batal?

  77. luthfi says:

    Berarti kalau setelah buang air besar trus kluar wadi dan d bersihkan dengan istinja saja boleh langsung ambil wudhu dan shalat yaa mas ?
    saya sering ragu selama ini
    kadang setiap selesai BAB dan cairan sperti mani nya kluar saya langsung mandi junub
    kalau kluar nya d waktu BAB atau BAK ga harus mandi junub kan ?

  78. hibat says:

    assalamu’alaikum

    Saya mau tanya, misalnya klo pas udah masuk waktu buka puasa dan selesai buka saya masuk kamar mandi terus sengaja untuk mengeluarkan mani apakah pahala puasa juga berkurang? Apa puasa saya esok hari nanti tidak berguna? Tolong dijawab ya…

  79. hibat says:

    assalamu’alaikum

    Saya mau tanya, misalnya klo pas udah masuk waktu buka puasa dan selesai buka saya masuk kamar mandi terus sengaja untuk mengeluarkan mani apakah pahala puasa juga berkurang? Apa puasa saya esok hari nanti tidak berguna?

    • Pedas says:

      Saran saya satu, jangan melakukan onani. Jika memang belum menikah, berusahalah menahan hawa nafsu dengan cara islami.. yaitu dengan cara berpuasa senin kamis.

      Bila masih terbayang hal2 yg merangsang syahwat, cara lain yg biasa sy gunakan yaitu:

      Bayangkan saja bahwa tubuh yg merangsang syahwat tersebut berbau busuk, bernanah, penuh belatung & menyebarkan penyakit2 menular. Riasan2 di wajahnya tak ubahnya seperti riasan mayat di dlm peti2 mati orang non-muslim.

      Hal ini terbukti ampuh dapat memadamkan syahwat saya, bagaikan air memadamkan api..

  80. rd says:

    saya mau nanya, kan kalo garuk garuk itu enak tah tapi saya garuk garuk di bagian kemaluan saya, saya merasa enak karena niat saya menggaruk tapi tanpa tidak sadar keluar mani, yg jadi masalah ini terjadi di bulan puasa, apakah puasa saya batal atau tidak?

  81. rd says:

    saya mau nanya, kan kalo garuk garuk itu enak tah tapi saya garuk garuk di bagian kemaluan saya, saya merasa enak karena niat saya menggaruk tapi tanpa tidak sadar keluar mani, yg jadi masalah ini terjadi di bulan puasa, apakah puasa saya batal atau tidak? tolong jawab secepatnya biar saya tau kalau saya batal.ntar mengganti, kalo ngga saya akan melanjutkan puasa dan nanti akan mandi besar

  82. lud says:

    Assalamualaikum.. pak.. sy mau tanya.. pas lepas imsak sy sedang donlot permainan.. tiba2 nemu gambar sexy, lalu sy buka.. terus sy liat2.. tnpa dngan syahwat trs lngsung sy keluar.. lalu sy tidur.. krna sy minum bnyak air pas sahur.. jdi sy hrs beberapa kali ke wc.. pas pngen bangun tdr dipagi hari sy berasa ingin kencing.. pas itu sy bermimpi aneh {serasa mimpi basah} berasa sdh tidak tahan untuk mengeluarkan sesuatu dr kemaluan sy.. ttpi sy sering seperti ini ingin ngompol gitu tpi entah saya liat ternyata seperti mani , mungkin saya kan biasa gitu karna nahan kncing..

    Nah.. apakah puasa sy batal?
    Haruskah mndi wajib??
    Apa hukumnya?

    Trims:)
    Wassalamualaikum…

  83. Hasan says:

    saya ingin bertanya bukannya kalau sperma atau mani itu najis mas dan yang keluar sebelum mani itu gpp kalau keluar itu kata guru saya mas mohon balasannya

  84. M Nur says:

    Apabila jika saya ngerasa air mani mau keluar serta terasa nikmat dan keluarnya air mani itu saya tahan apa kah puasa saya bata. Tapi setelah itu yang keluar hanya madzi atau wadi saja

  85. Fadhil says:

    Assalamualaikum..
    Saya mau bertanya,, pengalaman saya,, setelah sahur dan sholat subuh, saya tidur, tapi sebelum tidur saya, membenarkan posisi kemaluan saya, lalu malah menegang dan terpikir niat mimpi aneh2 saat tidur, lalu saya tidur, dan benar saya mimpi basah..

    Prrtanyaan saya , apakah puasa saya batal ??
    Mohon pencerahannya dan respon yg segera, saya sedang berpuasa :):)

  86. hamba alloh says:

    assalamu’alaikum, maaf saya mau bertanya.

    pak bagaimna hukumny, jika ada seorg akhwat atau ikhwat ketika membaca sebuah pesan yg menyanjungny ( dbilang sayang ) beliau sering mngeluarkan cairan..
    ciri ciri cairan itu..
    terasa keluar tp kadang banyak kadang tdak, tdak lemas tp licin.
    tpi kan itu tdak di inginkan, bahkan d sengaja dan tdak dlm keadaan merangsang
    sering kli mengalami yg sperti ini walau d luar blan puasa .
    batal atau tdak dlm blan puasa?


    bagaimana sih cara mencingkapiny, karena setiap keluar sserng waswas sering melakukan mandi besar .
    dan akhrnya mengakibatkan pusing.
    terimakasih, tolong d jawab ya pa.

  87. Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh Saya mau tanya Pak Ustad bolehkan saya mengalami hal yang sama seperti yang dialami oleh teman-teman yang bertanya di atas tadi saya ketiduran pas sudah melakukan sholat subuh tapi saya keluar air mani setelah terbangun dari tidur, Apakah puasa saya batal,, Pak Ustadz

  88. Alfariz says:

    Saya ingin bertanya, tadi malam saya lupa, saya tidak mimpi basah, namun, saat saya pergi ke kamar mandi, saya mencium bau aneh pada celana saya, apa itu mani atau apa? lantas apakah saya wajib mandi besar? apakah sahur saya sah untuk menjalankan puasa Ramadhan?

  89. Opik says:

    Ketika sedang berpuasa, saya sering melihat foto foto yg memancing shahwat, namun tidak mengeluarkan mani, karena tidak membuat badan rileks, tidak banyak, dan hanya bekasan tetesan kecil di dalam celana dalam saya. Yang ingin saya tanyakan, apakah puasa saya batal ?

  90. Satria says:

    Assalamualaikum pak.
    Saya mau bertanya,pda mlam hari blan puasa saya dengan sengaja melakukan onani dengan menonton film porno. Lalu saya kesiangan untk mandi wajib.apa puasa saya msh bs lanjut dan ttap hrus mndi wajib ya ustad ketika bangun?

  91. Satria says:

    Assalamualaikum pak…
    Saya mau bertanya,pda mlam hari blan puasa saya dengan sengaja melakukan onani dengan menonton film porno. Lalu saya kesiangan untk mandi wajib.apa puasa saya msh bs lanjut dan ttap hrus mndi wajib ya ustad ketika bangun??

  92. anhar mukhlis says:

    saya sungguh berterima kasih… saya sampai nangis karena saat puasa saya tidur dan mimpi basah. Saya kira puasa saya batal… lalu saya buka website ini dan saya langsung sujud syukur….

    • ali says:

      Assalamualaikum. Ustaz. Saya nak tnye. Saye terkeluar air mani ketika saya tidur disiang hari ketika berpuasa. Batal atau tidak puasa saya?
      Soalan yg kedua. kalau saya mandi wajib disiang hari ketika puasa, dan semasa mandi wajib tu air2 yang mengalir ketubuh badan dan masokkn air ke setiap rongga di badan. Adakah bole ke tak masokkn air ke semua rongga untuk memastikn mandi wajib saya sah?
      Ustaz mohon terangkan. Saya ingin sangat tahu pasal hal ni.

  93. greyuzumaki says:

    assalamualaikum
    admin saya ingin bertanya.
    saya onani pd malam hari , tetapi saya baru mandi junub selepas adzan subuh.
    bagaimana hukum nya ? dan apakah sah puasa saya ?
    terimakasih admin

  94. tipspuasa says:

    infonya bermanfaat
    hukum mimpi basah tidak batal walaupun puasa
    terima kasih ya

  95. ma'ruf says:

    Assalamu’alaikum,,mau nanya tentang keluar mani,sy mimpi menjilat kemaluan istri sampe akhir’y kluar mani,tapi itu sy keada’an kaya stengah tidur/kaya tidur ayam,,,pertanya’an sy,apa kah puasa sy batal atau tidak,,,terimakasih
    Assalamu’alaiqum…

  96. muhammad syafii says:

    Bagaimana jika pada saat berpuasa keluar mani dengan sengaja .wajib membayar nya apa tidak di luar bulan ramadah.

  97. Farisi says:

    Assalamualaikum stadz, sy ingin minta saran nih.. Sy tahu dan mencari tahu banyak hal mengenai bahaya pornografi dan masturbasi. Kadang entah mengapa, sy rasa syahwat dlm diri saya lebih besar dari sebaya sy. Usia sy 19 tahun stadz, terjebak dalam kehitaman pornografi sejak smp dan baru sadar dan ingin berhenti (bermujahadah) sejak usia 18 dan sangat sulit. Awal2 menahan syahwat sampai menangis dan tertahan namun bsknya terjerumus lagi. Pernah ikut pelatihan, dan biiznillah 3 bulan bebas dari hal tsbt namun beres itu hanya bertahan dua minggu. Sampai sekarang sudah 6 bulan pasca pelatihan hanya bisa menahan paling lama 8-10 hari untuk tdk melakukan hal itu, sy rasa Allah selalu datang memberikan kesempatan dengan banyak kemudahan namun sy blm bisa menolong diri sy sendiri. Sy sangat merasakan dampak buruk pornografi seperti konsentrasi, daya ingat yg menurun namun kala hati ini ingin seakan lemah untuk bersabar. Satu hari merasa dilembutkan hatinya lain hari rasanya hati sangat keras, kadang berputus asa namun bertaubat lagi. Bisa menangis lagi namun kering lagi hati ini. Sy kehabisan cara stadz, khawatir dan pasti hal ini berdampak pada masa depan dunia akhirat sy. Sy paham namun tak sepenuhnya menjalankan. Rasanya shalat sy, ibadah dan kebaikan yg dilakukan tidak tercermin kala syahwat sy membabi buta stadz. Sering ikut kajian dan hati rasanya lembut tapi kembali kotor terjerembab di jurang pornografi. Sy khawatir akan terjerumus pada hal yg lebih parah di lingkungan kampus (baru mau masuk kuliah). Sedangkan sy anak tunggal, banyak tanggungan namun sy tdk optimal selama ini karena kebiasaan buruk ini stadz. Butuh bimbingan dan solusinya stadz, sy mohon.. Semoga keberkahan terlimpahcurahkan kepada ustadz dan semoga ini jadi jalan kebaikan untuk ustadz. Barakallah (Maaf terlalu panjang stadz)

  98. khakim says:

    Kalau sering mimpi basah, badan jadi lemas.

Leave a Reply