Hikmah Perbedaan Karakter Laki-laki & Perempuan

H

Sebagai laki-laki, para suami harus memahami bahwa perempuan itu perasaannya mendominasi. Terkadang memang ada suatu hal yang tidak bisa kita pahami itu karena mereka mengedepankan perasaannya. Namun para suami harus memaklumi bahwa itulah karakter dasar mereka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ, لَنْ تَسْتَقِيْمَ لَكَ عَلَى طَرِيْقَةٍ, فَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اِسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيْهَا عِوَجٌ, وَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهَا كَسَرْتَهَا وَكَسْرُهَا طَلاَقُهَا

“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.” (HR. Muslim)

Jika melihat penjelasan ulama, makna bengkok dalam hadits tersebut adalah:

  1. Makna hakiki, yaitu benar tercipta dari tulang rusuk yang bengkok,
  2. Makna yang menggambarkan sifat wanita, yaitu “kebengkokan” yang perlu diluruskan oleh suami mereka dan wali laki-laki mereka untuk dijaga, karena memang wanita terkadang lebih mengutamakan perasaan daripada akal mereka.

Adapun sosok laki-laki identik dengan sifat dasar mereka sebagimana yang diungkapkan oleh para psikolog dan ahli sifat manusia, yaitu mengutamakan logika. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya memang diciptakan agar kelak bisa menjadi pemimpin. Minimal menjadi pemimpin dalam rumah tangganya. Allah Ta’ala berfirman:

,الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebahagian dari harta mereka.” (QS. An Nisa’: 34)

Allah sudah membagi bahwa laki-laki lebih dominan logika, ini bertujuan agar para laki-laki siap menghadapi kerasnya dunia luar untuk berputar otak dalam memimpin, bekerja dan mencari nafkah.

Sedangkan perempuan memang Allah ciptakan lebih dominan perasaannya. Perasaan tersebut Allah ciptakan dominan agar kuat menahan ketika mengandung dan melahirkan, dan serta merawat anak-anak. Kadang-kadang akalnya tertutup memang, tapi dominasi perasaan ini agar mereka mendapatkan kekuatan dengan izin Allah untuk merawat anak-anak kita.

Itulah hikmah mengapa laki-laki lebih dominan logika dan akalnya sedangkan perempuan lebih dominan perasaannya.

Demikian semoga bermanfaat.

Artikel: www.muslimafiyah.com

Leave a Reply