Faidah RingkasKesehatan Islam

Ngegym & Olahraga Angkat Beban Sangat Dibutuhkan di Zaman Ini

[Rubrik: Faidah Ringkas]

Agama Islam memotivasi kita agar selalu hidup sehat dan kuat, karena kesehatan dan kekuatan bisa berdampak baik pada semangat untuk beribadah. Kekuatan iman yang dibarengi dengan kekuatan badan tentu lebih baik dan akan lebih dicintai oleh Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah.” (HR. Muslim, no. 2664)

Syaikh Shalih Al-Fauzan menjelaskan,

أن المؤمن القوي في إيمانه ، والقوي في بدنه وعمله : خيرٌ من المؤمن الضعيف في إيمانه أو الضعيف في بدنه وعمله ؛ لأن المؤمن القوي يُنتج ويَعمل للمسلمين وينتفع المسلمون بقوته البدنية وبقوته الإيمانية وبقوته العملية

“(Yaitu) Seorang mukmin yang kuat iman dan kuat badan serta amalnya, ini lebih baik daripada seorang mukmin yang lemah imannya dan lemah badan serta amalnya, karena mukmin yang kuat akan produktif dan memberikan manfaat bagi kaum muslimin dengan kekuatan badan, iman dan amalnya.” (Al-Muntaqa, 5/380)

Salah satu cara yang paling baik dalam menjaga kesehatan dan stamina adalah dengan berolahraga rutin. Terlebih lagi di zaman ini ketika kita terlalu dimanjakan dengan berbagai sarana dan fasilitas yang membuat tubuh kurang bergerak. Hal ini bisa menyebabkan otot menjadi lemah, tulang menjadi lemah, aliran oksigen ke beberapa organ menjadi berkurang, termasuk otak. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berpotensi menimbulkan berbagai penyakit.

Ada dua jenis olahraga yang bisa kita rutinkan yaitu olahraga kardio dan angkat beban. Secara umum olahraga kardio adalah jenis aktivitas fisik yang banyak melibatkan penggunaan oksigen dan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), seperti jogging dan berlari. Sementara angkat beban adalah jenis olahraga yang banyak melibatkan otot.

Olahraga angkat beban bisa dilakukan di Gym, ataupun sendiri dengan menggunakan barbel dan semacamnya, bahkan bisa memakai “beban tubuh kita” seperti push up atau squat dengan berbagai variasinya. Olahraha angkat beban dilakukan tidak mesti bertujuan untuk membentuk otot kekar, tetapi lebih penting dari itu adalah agar bisa sehat dan mengaktifkan otot, karenanya cocok juga untuk wanita bahkan orang tua sekalipun.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, olahraga angkat beban memang disarankan ke Gym karena bisa didampingi oleh Coach yang membimbing melakukan gerakan-gerakan efektif sehingga tidak berpotensi menyebabkan cedera. Alhamdulillah, sekarang sudah mulai bermunculan tempat nge-gym sesuai syariah, tidak ada ikhtilat dan tidak ada musik. Kalau pada kenyataannya anda tidak punya passion di olahraga beban, minimalnya adalah tetap bergerak dan olahraga semampunya agar tubuh tetap sehat.

Artikel www.muslimafiyah.com | Asuhan Ustadz dr. Raehanul Bahraen, M.Sc., Sp.PK. Alumnus Ma’had Al Ilmi Yogyakarta

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *