Home / Adab / Penjelasan Makna Doa dan Dzikir Sehari- Hari (6)

Penjelasan Makna Doa dan Dzikir Sehari- Hari (6)

20. Doa Memohon Ilmu

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
Rabbi zidnii ‘ilman.
Wahai Rabb-ku, tambahkanlah ilmu kepadaku. (Thaha [20]: 114).
Penjelasan ringkas:

Allah memerintahkan kita membaca doa ini untuk memohon ilmu ketika kita akan menuntut ilmu, belajar dan menghadiri majelis ilmu
Ibnu Hajar  Al-Asqalani menjelaskan bahwa inilah doa yang Allah perintahkan kepada Nabi-nya shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa memohon ilmu, beliau berkata,

 “Ayat ini adalah dalil yang tegas tentang keutamaan ilmu. Sebab tidaklah Allah Ta’ala pernah memerintahkan Nabi-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta tambahan terhadap sesuatu, selain ilmu…” (Lihat Fathul Baari, 1/187).
21. Doa Agar Dimudahkan Urusan Dan Ucapan 
رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي
Rabbisy-rah lii shadrii, wa yassir lii amrii, wah lul ‘uqdatan min lisaanii, yafqahuu qaulii.
Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku. (Thaha [20]: 25-28).
Penjelasan ringkas:

Doa ini merupakan doa yang dibaca oleh nabi Musa ‘alaihissalam ketika beliau diperintahkan untuk berdakwah kepada Fir’aun. Ini merupakan perkara yang cukup berat sehingga nabi Musa berdoa agar urusan dimudahkan dan lisan serta ucapan beliau juga dipermudah dalam berbicara untuk urusan ini. Demikian juga apabila kita akan menghadapi suatu urusan atau perkara berat yang akan kita hadapi, kita bisa membaca doa ini.
22. Doa Ketika Mengalami Kesulitan 
اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً
Allahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan, wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.
Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya. (HR. Ibnu Hibban)
Penjelasan ringkas:

Dalam kehidupan ini tentunya kita pernah merasa kesulitan dan kesusahan. Demikianlah kehidupan dunia yang merupakan tempat manusia di uji. Doa ini bisa dibaca ketika kita menghadapi kesulitan dalam suatu urusan sehingga dipermudah oleh Allah. Maksud “sahl” adalah kemudahan, keringanan dan kelembutan dalam urusan sedangkan maksud dari “huzn” adalah kesusahan, keras dan sulit (lihat Syarh Hisnul Muslim)
23. Doa Dijauhkan Dari Sifat Lemah, Malas, Pengecut Dan Pikun
اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ، وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ، وَالْهَرَمِ
Allaahumma innii a’uudzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal harami.
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, pengecut/rasa takut dan pikun. (HR. Muslim no. 2706)
Penjelasan ringkas:

Doa ini penting dibaca karena beberapa sifat yang disebut dalam doa seperti malas, lemah dan pengecut adalah penghalang seseorang untuk meraih kesuksesan dan kemudahan hidup. Terutama rasa malas dan lemah, sejatinya tidak ada orang yang benar-benar pintar dan  sukses, yang ada adalah orang yang rajin, tekun dan istiqamah.
24. Doa Agar Terhindar Dari Kesyirikan
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ
Allaahumma innii a’uudzu bika an usyrika bika wa anaa a’lam, wa astaghfiruka limaa laa a’lam.
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu agar tidak menyekutukanMu, sedang aku mengetahuinya, dan minta ampun terhadap apa yang tidak aku ketahui. (HR. Ahmad, lihat Shahihul Jami’ 3/233)
Penjelasan ringkas:

Sangat penting sekali membaca doa ini dan sarankan kepada saudara dan sahabat yanga anda cintai agar menghapal doa ini dan sering membacanya. Begitu pentingnya berdoa agar dijauhkan dari kesyirikan, Nabi Ibrahim yanh dijuluki sebagai “Abul Anbiya” (bapak para nabi) berdoa dan memohon agar dirinya serta anak cucunya dijauhi dari perbuatan kesyirikan
Beliau berdoa,
وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ ءَامِنًا وَ اجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ اْلأَصْنَامَ
“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata,”Ya Rabbku, jadikanlah negeri ini (Mekkah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (Ibrahim:35).
Kesyirikan yaitu menyekutukan Allah dalam hak-hak khusus bagi Allah dan merupakan larangan terbesar dalam Islam. Semoga kita dijauhkan sejauh-jauhnya dari kesyirikan karena perhatikan berikut beberapa bahaya kesyirikan:
1.Pelaku Kesyirikan diancam masuk neraka dan diharamkan masuk surga (lihat QS. Al Maidah: 72)

Bahkan bisa diancam kekal abadi di neraka (lihat QS. Al Bayyinah: 6).
2.Pelaku kesyirikan seluruh amalannya bisa terhapus tanpa tersisa sekali (lihat QS. Al An’am: 88)
3. Jika meninggal dan belum bertaubat dari dosa syirik, maka tidak akan  diampuni. Adapun dosa lainnya, ada kemungkinan diampuni walaupun mati belum bertaubat dari dosa itu, tentunya karena rahmat Allah (lihat QS. An Nisa’: 48).
4.Kesyirikan adalah kedzaliman yang paling dzalim dan dosa yang paling berdosa (QS. Lukman: 13)
5.Kesyirikan itu hakikatnya merendahkan diri kepada makhluk plus pembodohan, padahal manusia itu mulia

 
25. Doa Bangun Tidur 
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ
Alhamdulillaahil-ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin-nusyuur.
Segala puji bagi Allah, yang membangunkan kami setelah ditidurkanNya dan kepadaNya kami dibangitkan. (HR. Bukhari dan Muslim)
Penjelasan ringkas:

Kita memulai hari ini dan membuka mata pertama kali dengan memuji Allah atas nikmatnya yang sangat banyak. Terlebih kita diberi 3 nikmat utama ketika bagung di pagi hari, jika kita mensyukurinya maka kita akan menjadi orang yang paling berbahagia di muka bumi karena rasa bahagia itu berasal dari kita sendiri dengan izin Allah. Tiga nikmat tersebut adalah rasa aman, sehat badan dan ada makanan hari itu.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda,
مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ مُعَافًى فِي جَسَدِهِ آمِنًا فِي سِرْبِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا
“Barangsiapa di antara kamu masuk pada waktu pagi dalam keadaan [1] sehat badannya,[2] aman pada keluarganya, dia [3] memiliki makanan pokoknya pada hari itu, maka seolah-olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya.” (HR. Ibnu Majah, no: 4141, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahih Al-Jami’ush Shaghir no. 5918)
Demikianlah beberapa doa-doa ringkas sehari-hari yang bisa kami kumpulan, masih banyak doa lainnya akan tetapi semoga doa-doa ringkas dan mudah ini bisa kita hapalkan dan kita praktekkan sehari-hari agar dimudahkan hidup serta mendapatkan berkah dan rodha Allah meraih kebahagiaan sejati dunia dan akhirat.

Leave a Reply