Home / Bimbingan Islam / Tiga Kali Ngeden, Alhamdulillah Brojol Lahir… (Sharing)

Tiga Kali Ngeden, Alhamdulillah Brojol Lahir… (Sharing)

Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi pengalaman ketika istri melahirkan dengan sangat mudah Alhamdulillah. Dua kali melahirkan waktunya sangat singkat kurang dari 3 atau 5 menit, cukup tiga kali ngeden (isnyaAllah, ingatnya segitu) langsung brojol lahir. Dibandingkan selama kami membantu persalinan ketika masa sekolah co-ass dahulu, Ini adalah persalinan tercepat. Persalinan terkadang membutuhkan waktu agak lama, atau perlu bantuan dengan vakum (yang melihat terkadang tidak tega dengan bayinya) atau dengan drip oksitosin (terasa sakit bagi sang ibu) atau jalan terakhir operasi caesar (silahkan baca: Agar kehamilan tidak berujung pisau bedah)

 

Semoga ini adalah (تحدث بالنعمة) “tahadduts bin ni’mah” yaitu menceritakan kenikmatan yang didapat untuk kemashlahatan, bukan untuk menyombongkan diri.

Allah ta’ala berfirman,

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Dan terhadap nikmat Rabbmu, maka hendaklah kamu ceritakanlah.” (Adh Dhuha: 11).

Ibnu Katsir membawa perkataan Al-Hasan bin Ali, beliau berkata menafsirkan,

ما عملت من خير فَحَدث إخوانك

“Kebaikan apa saja yang kalian perbuat, maka ceritakanlah pada saudara kalian.” [1]

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy rahimahullah berkata menafsirkan,

وهذا يشمل النعم الدينية والدنيوية {فَحَدِّثْ} أي: أثن على الله بها، وخصصها بالذكر إن كان هناك مصلحة. وإلا فحدث بنعم الله على الإطلاق

“Yang dimaksud dalam ayat tersebut mencakup nikmat agama  maupun nikmat dunia. Adapun “fahaddits” bermakna “pujilah Allah atas nikmat tersebut”. Bentuk syukur di sini adalah dengan lisan dan disebut khusus dalam ayat, dibolehkan jika memang mengandung maslahat.[2]

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah memberikan contoh,

حدث بنعمة الله قل: كنت يتيماً فآواني الله، كنت ضالاً فهداني الله، كنت عائلاً فأغناني الله، لكن تحدث بها إظهاراً للنعمة وشكراً للمنعم، لا افتخاراً بها على الخلق؛ لأنك إذا فعلت ذلك افتخاراً على الخلق كان هذا مذموماً

“Menyebut nikmat Allah (misalnya) berkata, dahulu saya yatim kemudian Allah memberikan pelindung, dahulunya saya tersesat kemudian Allah memberikan hidayah, dahulunya saya miskin kemudian Allah memberika kekayaan. Akan tetapi ditampakkan yaitu dilakukan dalam rangka syukur kepada pemberi nikmat (yaitu Allah Ta’ala), bukan dalam rangka menyombongkan diri pada yang lain. Karena jika hal itu dilakukan karena sombong, maka itu jadi tercela.”[3]

 

Sebab-sebab kemudahan yang kami tempuh

1.Doa wirid hamil (dzikir pagi-petang)

semoga ini adalah sebab kemudahan terbesar, karena istri selalu meyempat membacanya ketika pagi dan sore hari (lebih baik lagi dihapal, karena sering dibaca juga, jadinya hapal). Sebenarnya tidak ada doa khusus ketika hamil[4], akan tetapi dzikir pagi-petang memiliki banyak keutamaan, misalnya penjagaan, perlindungan dan pencukupan.

Contohnya membaca ayat kursi (Al-Baqarah:255)
Dibaca sekali ketika pagi dan sore.

“Barangsiapa membacanya di pagi hari maka akan dilindungi dari (gangguan) jin sampai sore, dan barangsiapa yang membacanya di sore hari maka akan dilindungi dari gangguan mereka (jin).”[5]

Kemudian Membaca surat Al-Ikhlaash, Al-Falaq dan An-Naas.
Dibaca 3x ketika pagi dan sore

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Barangsiapa yang membacanya tiga kali ketika pagi dan ketika sore maka dia akan dicukupi dari segala sesuatu.” [6]

 

2.Bayi jangan terlalu besar

Salah satu penyulit melahirkan adalah bayi terlalu besar, Apalagi pada kehamilan pertama bahkan bisa menjadi faktor yang mengharuskan operasi caesar.  Oleh kerena itu ada benarnya ungkapan, “jangan besar-besar bayinya, besarnya diluar aja”. Asalkan berat bayi jangan sampai di bawah batas  normal yaitu 2500 gram. Rentang normalnya 2500-3500 gram. Berat lahir anak pertama kami 2600 gram, alhamdulillah sehat. Saran kami untuk anak pertama sebaiknya sekitar 2600-3000 gram.

Berat bayi dalam kandungan bisa dikontrol dengan mengontrol konsumsi karbohidrat, gula dan lemak. Jika bayi ketika di USG beratnya lebih dari umurnya maka kurangi konsumsi karbohidrat  dan perbanyak konsumsi protein dan vitamin. Begitu juga sebaliknya

 

3.Senam kegel

Ini sangat membantu, karena akan melatih otot dasar panggul (pobucoxigeous). Otot ini dilatih sehingga kuat dan elastis. Pada persalinan pertama alhamdulillah tidak terjadi kerobekan pada perineum (daerah antara anus dan jalan lahir, biasanya ini robek atau di gunting-robek oleh tenaga medis untuk memudahkan persalian). Sehingga tidak perlu dijahit.

Mengenai cara senam kegel, kita harus mendeteksi yang mana otot tersebut, yaitu ketika Buang air kecil, kita tahan air kencing, nah otot ketika menahan itulah yang kita latih. Latih terus dengan teratur dan berkala, bisa dengan hitungan 10, dikontraksikan dan  10 hitungan ditahan. Silahkan lihat berbagai metodennya di internet. Dan senam kegel ini juga bermanfaat untuk kejantanan laki-laki.

 

4.Prostaglandin

Prostaglandin adalah salah satu zat dalam sperma laki-laki. Prostaglandin ini membantu pematangan serviks jalan lahir dan kontraksi alami, sehingga memudahkan persalinan. Maksudnya adalah sesering mungkin melakukan hubungan suami-istri terutama ketika dekat-dekat melahirkan bisa satu bulan atau 2 minggu menjelang perkiraan persalinan. Memang terkadang suami tidak tega dan istri tidak mood  karena kehamilannya, akan tetapi lebih baik induksi alami daripada induksi buatan nanti.

Mengenai hubungan suami-istri ketika hamil, maka diperbolehkan dan tidak ada larangannya kapan saja, baik ketika awal kehamilan ataupun akhir. Asalkan memperhatikan posisi, keadaan istri dan cara melakukannya. Adapun mitos-mitos yang tersebar maka tidak benar.

 

5.Jalan pagi atau exercise

Ini sangat membantu mempercepat persalinan, bisa dilakukan kapan aja baik di dalam maupun diluar rumah, dan lebih baik lagi jika suami menemani misalnya ketika belanja, jalam pagi atau jalan sore.

 

6.Tidak terlalu capek dan stres

Karena istri saya Ibu ramah Tangga maka kemungkinan besar tidak terlalu capek atau stres sebagaimana wanita karir. Pekerjaan rumah bisa dibantu oleh suami, baju bisa dilaundry ketika istri terlalu kerepotan mengurus rumah.

Salah satu penyebab banyaknya operasi caesar dan kesulitan persalinan adalah para wanita di zaman ini masih dibebankan pekerjaan ketika hamil (tidak cuti). Misalnya cuti PNS atau pegawai swasta hanya 2 bulan. Dan kebanyakan mengambilnya setelah melahirkan, sehingga ketika hamil para wanita yang bekerja memiliki stressor dan menyebabkan kecapekan.

 

Demikianlah sebab kemudahan yang kami tempuh, sebenarnya masih ada cara dan tips yang lain, misalnya senam hamil, relaksasi, minum ramuan alami dan lain-lain.

 

Semoga bisa bermanfaat.

Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’in. Walamdulillahi robbil ‘alamin.

 

Disempurnakan di Lombok, pulau seribu masjid

14 Syawwal 1433 H

Penyusun: dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.muslimafiyah.com

 

 


[1] Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 8/428, Dar Thayyibah, cet. II, 1420 H, Syamilah

[2] Taisir Al-Karimir Rahman hal. 887, Dar Ibnu Hazm, Beirut, cet. I, 1424 H

[3] Tafsir juz ‘Amma hal. 202, Darul kutub Al-‘Ilmiyah, Beirut, 1424 H

[4] dzikir pagi-petang dibaca juga dalam keseharian, tidak mesti saat hamil saja

[5] HR. Al-Hakim 1/562 dan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhiib wat Tarhiib 1/273

[6] HR. Abu Dawud 4/322, At-Tirmidziy 5/567, lihat Shahih At-Tirmidziy 3/182

 

9 Comments

  1. ummu Nada says:

    Assalamu’alaykum. Relaksasi yg dimksd seperti apa? Karena kami sering membaca bhw relaksasi dekat dgn hypnobirthing, dmn hypno2 tsb dilarang syariat.

  2. Fatiya says:

    Terima kasih artikel yg sangat bermanfaat, selanjutnya buat dunk untuk mempermudah kehamilan,
    Wassalam

  3. Fatiya says:

    Terima kasih artikel yg sangat bermanfaat, selanjutnya buat dunk untuk mempermudah kehamilan,
    Wassalam hi

  4. Bang Irul says:

    Terima kasih banyak infonya.. ternyata zikir pagi sore sangat penting.. saya pikir juga menceritakan kebaikan bisa riya, ternyata tergantung tujuannya..

  5. […] Ada beberapa tips untuk lancar melahirkan yang saya kutip dari dr. Raehanul Bahraen: […]

  6. Ummu Umar says:

    Bismillah.
    Assalamu’alaykum.
    ‘afwan ustadz, ana mau bertanya apakah benar bahwa operasi Caesar termasuk salah satu bentuk gangguan setan terhadap ibu dan janin?

    Terima kasih ..

Leave a Reply