Home / Aqidah / Lewat USG Dokter Mengetahui Hal Ghaib Di Rahim?

Lewat USG Dokter Mengetahui Hal Ghaib Di Rahim?

Dalam sebuat Ayat, dinyatakan bahwa Hanya Allah yang mengetahu hal gaib. Salah satunya hal ghaib dalam rahim. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ اللهَ عِندَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَافِي اْلأَرْحَامِ وَمَاتَدْرِي نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَاتَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

”Sesungguhnya Allah, Hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Luqman 31: 34)

Dari Abdullah bin ‘Umar radhyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَفَاتِحُ الْغَيْبِ خَمْسٌ لاَ يَعْلَمُهُنَّ إِلاَّ اللهُ: لاَ يَعْلَمُ أَحَدٌ مَا فِي غَدٍ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ يَعْلَمُ أَحَدٌ مَا يَكُونُ فِي اْلأَرْحَامِ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ تَعْلَمُ نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا، وَلاَ تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ يَعْلَمُ مَتَى يَأْتِي الْمَطَرُ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ يَعْلَمُ مَتَى تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ اللهُ

 

“Kunci-kunci perkara ghaib itu ada lima dan tidak ada yang mengetahuinya melainkan Allah: Tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi besok kecuali Allah; tidak ada seorangpun yang mengetahui apa yang ada di dalam rahim kecuali Allah; tidak ada satu jiwapun mengetahui apa yang akan diperbuatnya besok; tidak mengetahui di negeri mana (seseorang) meninggal kecuali Allah; tidak ada yang mengetahui kapan turunnya hujan melainkan Allah; dan tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat kecuali Allah.”[1]

Bagaimana dengan di zaman ini bahwa dokter bisa mengetahui keadaan di rahim, mengetahui jenis kelamin dan keadaan janin di dalam rahim?

Maka dokter  tidak bisa dikatakan mengetahui hal yang gaib, dengan beberapa alasan:

1.USG adalah alat untuk melihat dengan batuan pencitraan, maka disamakan dengan orang yang membelah perut kemudian melihat keadaannya.

2.Terkadang tebakan bisa salah, diprediksi jenis kelamin wanita ternyata yang keluar laki-laki

Syaikh prof. Abdullah Al-Jibrin rahimahullah berkata,

، وإنما يستعملون الأشعة والكشوفات والتحليلات، وبعد تلك العمليات والتجارب يخبرون بنوعية الجنين، وذلك يحصل عن التحاليل في المختبرات، وقد يخطئون في القول، فليس علمهم عن نظر وتفكير، وإنما هو بمنزلة ما لو شق بطن المرأة واطلع على نوع الجنين، فلا ينافي ما أخبر الله تعالى أنه المنفرد بعلم ما في الأرحام، والله أعلم

“Para dokter  menggunakan USG (pencitraan) dan pemeriksaan yang lain. Setelah melakukan hal ini maka mereka bisa memberikan informasi mengenai jenis kelamin janin. Terkadang mereka juga bisa salah menebak. (kemampuan menebak) bukanlah karena ilmu dan pemikiran mereka saja tetapi (bantuan alat USG) disamakan keadaannya dengan seandainya perut wanita dibelah kemudian ia melihat jenis kelamin janin. Maka tidak bertentangan dengan apa yang Allah beritakan bahwa hanya Ia-lah yang mengetahui apa yang ada di rahim.”[2]

 

3.Hal gaib di janin, bukan sekedar masalah jenis kelamin dan bentuk fisik janin saja, akan tetapi mengenai segala hal, nasibnya, rezekinya, kematiannya dan lain-lain sebagaimana di hadits.

عَنْ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قالَ: حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوْقُ: إنَّ أَحَدَكُم يُجْمَعُ خلقُهُ فِيْ بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ، وَأَجَلِهِ، وَعَمَلِهِ، وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ،

Dari Abu ‘Abdir-Rahman ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menuturkan kepada kami, dan beliau adalah ash-Shadiqul Mashduq (orang yang benar lagi dibenarkan perkataannya), beliau bersabda,”Sesungguhnya seorang dari kalian dikumpulkan penciptaannya dalam perut ibunya selama 40 hari dalam bentuk nuthfah (bersatunya sperma dengan ovum), kemudian menjadi ‘alaqah (segumpal darah) seperti itu pula. Kemudian menjadi mudhghah (segumpal daging) seperti itu pula. Kemudian seorang Malaikat diutus kepadanya untuk meniupkan ruh di dalamnya, dan diperintahkan untuk menulis empat hal, yaitu menuliskan rizkinya, ajalnya, amalnya, dan celaka atau bahagianya.”[3]

4.maksud rahim di sini adalah rahim semua mahluk termasuk binatang dan mereka yang mempunyai rahim. Karena lafadz “arham” (أرحام) yang disebutkan bersifat umum tidak hanya pada manusia saja. Maka apakah dokter tahu semua ini?

 

Kesimpulannya jelas, hanya Allah yang mengetahui hal ghaib dan terkadang Allah beritahukan kepada hamba-Nya yang dirdhai semisal para nabi.

Allah berfirman,

قُلْ لاَ يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ الْغَيْبَ إِلاَّ اللَّهُ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ


“Katakan bahwa tidak ada seorangpun yang ada di langit dan di bumi mengetahui perkara ghaib selain Allah dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.”
(An-Naml: 65)

 

@pogung Lor-jogja, 21 Jumadis Tsani 1434 H

Penyusun: dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.muslimafiyah.com

 

silahkan like fanspage FB dan follow twitter

 


[1] HR. Al-Bukhari no. 992, 4351, 4420, 4500, 6944 dan Ahmad, 2/52

[3]  Diriwayatkan oleh al Bukhari dan Muslim

9 Comments

  1. Ilmu yang Sangat bagus untuk dipelajari.

  2. nasi goyeng says:

    siapa saja bisa menentukan jenis kelamin, ada pentingnya anda tahu tentang Kromosom XX dan Kromosom XY, juga pengetahuan tetang Bayi Tabung.

    Sebelum Embryo di taruh di dalam rahim calon ibu sudah bisa di tentukan jenis kelaminnya, karena sperma bisa di teliti kromosomnya sebelum menbuahi sel telur dari calon Ibu. Contohnya Jika Sperma yang mengandung Kromosom Y membuahi Sel telur si calon ibu yang berkromosom X maka akan menjadi Laki-Laki, dst-nya. Jadi sebelum EMBRYO di taruh di dalam Rahim Calon Ibu maka Kelamin sudah dapat di tebak/ditentukan oleh si dokter kandungan, nggak perlu USG 4 dimensi segala.

    Maklum di Zaman Quran di turunkan, Teknologi bayi tabung belum di temukan.

    Inilah satu bukti bahwa Allah Ta’ala tidaklah Maha Tahu kalau setelah 1400 tahun setelah Quran di Turunkan siapa saja bisa tahu jenis kelamin Embryo/Janin dengan atau tanpa USG 4 Dimensi.

    Lagian semua buku tafsir tentang ayat tersebut lebih mengupas ttg jenis kelamin Janin. Silahkan cari sendiri buku tafsir & hadis.

    Jadi jika satu saja ayat Quran tidak Valid sampai akhir zaman nanti, apakah anda berani murtad ????

    Syukron

    • maaf agak tidak nyambung dengan tulisan

      yang dimaksud ghaib adalah menebak dari luar, maka tidak ada yang tahu
      kalo periksa kromososm,maka sudah ada intervensi

      orang zaman dahulu juga tahu kalo gitu, ga perlu pakai kromosom, cukup intervensi dgn membelah perut, sudah tahu kandungannya laki-laki atau perempuan

      semoga anda mendapat kebaikan yang banyak

      • Lala says:

        setuju dengan Nasi Goyeng, dengan teknik PGD dalam program bayi tabung, manusia bisa menentukan jenis kelamin EMBRYO sebelum EMBRYO di letakkan di dalam rahim si calon IBU. bahkan jauh sebelum si ibu mengandung dan hamil, karena Embryo baru di letakkan ke dalam rahim.

    • Maaf tidak nyambung dgn tulisan.diatas
      cba baca lagi

      Anda jga keluar kata2 yh tidaj layak, bertanya mau murtad ato tidak..

  3. Ahmad Satiri says:

    Ternyata Bung Nasi Goyeng benar…silahkan baca asbabun nuzulul dan tafsir

    Asbabun Nuzul Luqman ayat 34.

    Mujahid r.a. mengatakan bahawa ayat ini diturunkan berkenaan dengan seorang Badui bernama al-Harith bin Amr yang suatu kali bertanya kepada Rasulullah SAW, “Isteriku lagi hamil. Apa jenis kelamin anakku kelak? Negeriku kini kekeringan, bila akan akan datang hujan? Aku tahu bila akan dilahirkan. Namun bilakah aku akan mati? (Hadis Riwayat Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hattim.Lihat Ibnu Katsir : 4/2020.

    Asbabun Nuzul Luqman ayat 34.

    Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim, yang bersumber dari Mujahid bahwa seorang Badui datang menghadap Rasulullah dan berkata: “Istriku sedang hamil, cobalah terangkan JENIS KELAMIN APA yang akan ia lahirkan (apakah PRIA atau WANITA); negeriku kekeringan, kapan akan turun hujan; dan aku tahu kapan aku dilahirkan, tetapi terangkan kepadaku kapan aku mati?” Maka turunlah ayat ini (Lukman: 34) yang menegaskan bahwa hanya Allah yang mengetahui segala sesuatu.

    Sumber: Asbabun Nuzul, KHQ Shaleh dkk

    Dalam tafsir Jalalain dalam Surah Luqman ayat 34 menyatakan :

    “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat yakni bila kiamat itu akan terjadi dan Dialah yang menurunkan dapat dibaca wa yunzilu dan wa yunazzilu (hujan) dalam waktu-waktu yang Dia ketahui (dan mengetahui apa yang ada di dalam rahim) apakah lelaki atau perempuan; tidak ada seorang pun yang mengetahui salah satu dari tiga perkara itu melainkan hanya Allah SWT.

  4. banua hitam says:

    Baru baca, subhanallah bagus bgt…jazakallahu khairan dok….
    Manusia amat terbatas keilmuannya, dan banyak sekali yang tau ilmu sedikit tapi udah spt melebihi pakar. malah kelihatan bodohnya…semoga saudara nasi goyeng yang mungkin sudah murtad ini di tunjukan jalan yang benar.

    • wa jazakumullahu khaira

    • Mehmet says:

      Hal-hal Ghaib yang HANYA di miliki oleh Allah SWT, jelas tertulis di Quran. Harusnya ayat tersebut berlaku hingga akhir zaman. Tapi kenapa manusia bisa meng-INTERVENSI hal-hal Ghoib yang HANYA di miliki oleh Allah SWT semata ?

      Kenapa manusia bisa mengetahui hal-hal ghoib yang HANYA Allah SWT semata yang PUNYA ?

      Buktinya jelas sudah di ungkapkan oleh sdr.Nasi Goyeng. bahwa manusia bisa meng-INTERVENSI hal-hal Ghoib Allah SWT…yaitu Bayi Tabung dan USG 4 Dimensi.

      Asbabun Nuzul ayat tersebut tertulis jelas bahwa Hal-hal Ghoib (perihal jenis kelamin janin bayi di dalam kandungan Ibu) dan itu bisa di ketahui lewat USG 4 Dimensi. dan Bahkan dalam program bayi tabung bisa di ketahui jauh sebelum embryo bayi di taruh kedalam Rahim calon Ibu.

      Kenapa harus di ingkari bahwa fakta saat ini si Manusia bisa melakukan apa yang HANYA bisa di lakukan oleh Allah SWT (Luqman 31:34) ?

      KUNCI Ghoib yang tidak lagi menjadi Kunci Ghoib. Lucu nggak ?

      Pelajarilah apa itu USG 4 Dimensi ?
      Pelajarilah apa itu Bayi Tabung ?
      Pelajarilah apa itu Teknik PGD dalam program Bayi tabung ?

      Lagian di Youtube sudah banyak info perihal USG 4 Dimensi 🙂

Leave a Reply