Home / Adab / Saling Menyayangi dan Peduli Ketika Terjadi Musibah dan Gempa

Saling Menyayangi dan Peduli Ketika Terjadi Musibah dan Gempa

Sangat sedih mendengar beberapa berita berita (semoga tidak banyak), setelah terjadi bencana semisal gempa bumi atau yang lain, ada segelintir oknum manusia yang malah menunjukkan sikap yang “egois” dan merugikan orang lain. Terjadi penjarahan, terjadi pencurian, terjadi perampasan dan tidak peduli dengan keadaan saudaranya korban bencana yang lebih membutuhkan.

Nasihat dari pada ulama ketika terjadi gempa adalah agar kita saling menyayangi dan peduli ketika terjadi gempa. Dengan saling menyayangi terhadap makhluk di bumi, maka Allah akan sayang kepada kita dan semoga Allah akan segera mengangkat musibah dan bencana serta menggantikannya dengan ketenangan, kedamaian dan kemakmuran.  Bahkan kita diperintahkan untuk memperbanyak sedekah membantu orang lain ketika terjadi musibah.

Perhatikan nasihat dari Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah, beliau berkata:

فالواجب عند الزلازل وغيرها من الآيات والكسوف والرياح الشديدة والفياضانات البدار بالتوبة إلى الله سبحانه ، والضراعة إليه وسؤاله العافية ، والإكثار من ذكره …ويستحب أيضا رحمة الفقراء والمساكين والصدقة عليهم … وروي عن عمر بن عبد العزيز رحمه الله أنه كان يكتب إلى أمرائه عند وجود الزلزلة أن يتصدقوا .

“Kewajiban ketika terjadi GEMPA BUMI dan lainnya semisal gerhana, angin kuat, banjir, yaitu menyegerakan taubat, merendahkan diri kepada-Nya, meminta afiyah/keselamatan, memperbanyak dzikir dan ISTIHGFAR … DISUNNAHKAN menyanyangi orang fakir dan miskin dan bersedekah kepada mereka… Diriwayatkan bahwa khalifah umar bin Abdul Aziz KETIKA TERJADI GEMPA beliau menulis surat kepada bawahannya agar MEMPERBANYAK SEDEKAH” (Majmu’ Fatawa 150/152-9).

Beliau membawakan dalil agar saling menyayangi yaitu hadits Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam,

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا مَنْ فِى الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ

“Orang yang menebar kasih sayang akan disayang oleh Allah Yang Maha Penyayang. Sayangilah yang di muka bumi, kalian pasti akan disayangi oleh Allah yang berada di atas langit”(HR.Tirmidz)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ لاَ يَرْحَمُ لاَ يُرْحَمُ

Orang yang tidak memiliki kasih sayang, pasti tidak akan disayang (Adabul Mufrad no.5538)

Semoga musibah dan bencana yang menimpa saudara kita segera diangkat oleh Allah dan segera digantikan oleh ketenangan dan kemakmuran.

@ Yogyakarta Tercinta

Penyususn: Raehanul Bahraen

Artikel www.muslimafiyah.com

 

Leave a Reply