All posts tagged:

belajar

 Pernah Stress dan Tertekan Karena Skripsi Gak Kelar-Kelar?

“Waduh kok ga kelar-kelar ni skripsi,  bisa ketunda nikah ni gue” “Kok harus skripsi sih tugas akhir? kan ga semua potensi orang itu nyusun skripsi, coba tugas akhir itu buat proyek nyata, perubahan pendidikan kampung misalnya, saya kan tipe orang lapangan” “Waduh, nyerah deh ane, udah bolak-balik konsul, skirpsi ga […]

Jika Tidak Bisa Segera Menikah, Maka Santai, Tenang dan Damai, Urusan Cinta Setelah Kuliah 

J

Fokuslah pada Ilmu, pengembangan diri, menghapal Al-Quran dan hadits, menuntut ilmu agar kelak menjadi manusia yang paling memberikan manfaat. Maka hidup lebih tenang, tidak terusik dan tidak terganggu.Tidak coba-coba mendekat dengan bergosip ria:“ Si fulanah cantiknya 8 tapi si fulanah lebih cantik lagi nilainya 8,5” “Si fulanah asalnya daerah A, […]

Belajar Masuk Pondok Pesantren atau Masuk Fakultas Kedokteran

B

Ketika seseorang anak berkata, “pak saya ingin masuk pondok pesantren, ingin menghapalkan Al-Quran dan mengusasi tafsirnya agar saya memahami firman Allah  dan ingin mempelajari agama, petunjuk hidup ini dengan benar”   Maka terkadang orang tua berkata, “kamu kan pintar, kenapa ga masuk ke fakultas kedokteran saja? Kalau kamu masuk kedokteran […]

Dokter Belajar Dahulu Baru Praktek, Begitu Juga Ustadz

D

Mengobati orang butuh ilmu, keterampilan dan pengalaman karena bisa saja jika salah dalam melakukan pengobatan malah akan membahayakan bagi orang yang diobati. Oleh karena itu tuntunan Islam mengharuskan seseorang harus belajar dahulu, menjalani proses belajar yang tidak sebentar serta telah berpengalaman dalam menghadapi berbagai kasus sehingga ia sudah cukup familiar […]

Mahasiswa “Ngaji” Haruskah IP-Nya Cumlaude ?

M

*Makalah Kajian FKG UGM “gimana ni, katanya mahasiswa ngaji, tapi IP-nya kok NASAKOM (nilai Satu Koma), kok kayaknya ga peduli banget dengan kuliahnya, jangan-jangan kalo kita seperti dia, ntar nasibnya sama” “nak, kalau jadi mahasiswa di sana nanti, jangan lupa belajar agama ya, jangan belajar ilmu dunia saja, dunia ini […]

Bahasa Lainnya Punah Dan Berubah Drastis, Bahasa Arab Tetap Eksis Dan Terjaga

B

Tentu terjaga dan masih eksis, karena Allah sudah berjanji menjaganya. Allah Ta’ala berfirman. إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Adz Dzikra [Al-Quran] dan kamilah yang akan menjaganya”. [QS Al Hijir : 9].   Dan kita tahu bahasa Al-Quran adalah bahasa Arab, tentu bahasanya pasti dijaga […]

Hukum Jual Beli Mayat (Kadaver Untuk Pembelajaran)

H

Kadaver (mayat) memang diperlukan untuk proses belajar mengajar khususnya ilmu anatomi dan bedah. Akan tetapi karena mendapatkannya sulit, maka terkadang mayat didatangkan dengan cara membeli. Bagaimana hukumnya hal ini? Pertanyaan diajukan kepada syaikh Abdul Aziz bin Baz (mantan mufti utama Saudi) rahimahullah, س: بعض كليات الطب تشتري جثثا من جنوب […]