Home / Adab / Wanita Idaman Dinikahi Orang Lain, Bisakah Ia Menjadi Istrinya Di Surga Kelak?

Wanita Idaman Dinikahi Orang Lain, Bisakah Ia Menjadi Istrinya Di Surga Kelak?

 

-Salah satu resiko jatuh cinta sebelum waktunya adalah siap-siap kalau si “Dia” tidak Allah takdirkan untukmu

-Apakah salah jatuh cinta? Tidak, cinta tidak salah, karena manusia diciptakan dengan cinta dan fitrah tertarik lawan jenis, tapi bagaimana mengatur cinta agar halal ketika mendulang

-Kuncinya adalah fokus meningkatkan kualitas diri, ketika tiba waktunya segera mencari dan jodoh tidak akan jauh-jauh dari kualitas diri.

-Perbuatan menyibak, mencari, mengintip atau apa ya.. sebelum waktunya dan dia juga belum siap menghalalkan atau dihalalkan.. siap-siap juga kecewa, “kedahuluan” atau bahkan “dikhianati”

-Jangan salahkan cinta itu, karena memang hubungannya masih “ilegal” dan belum ada ikatan suci, jadi ketika dia “berpaling”, lha memang belum ada ikatan resmi kok

-Berikut bagaimana memanajemen cinta sesuai arahan ulama, ketika dia ditakdirkan bukan untukmu

1.Engkau menjauhi kehidupan wanita tersebut, singkirkan yang berhubungan dengannya

2.Engkau berhenti memikirkannya, jangan engkau siksa dirimu sehingga bisa menyebabkan engkau tertimpa penyakit seperti depresi dan cemas

3. Jalanilah hidupmu, engkau cari istri shalihah yang bisa menjaga dirimu dan agamamu, bisa membuahkan kehidupan yang berguna dan bermanfaat. Engkau bentuk kelurga yang shalih, mendidik keturunan yang baik. Hal tersebut baik bagi agama dan duniamu daripada engkau hidup dengan angan-angan (terhadap wanita tersebut) yang bisa menimbulkan rasa pedih.

4. Ketahuilah bahwa surga bukanlah tempat bertemu orang yang sedang dimabuk cinta

 

Pertanyaan:

السؤال: أنا كنت أعرف فتاة وحاولت الارتباط بها دونما فائدة ، وقد قام أهلها بتزويجها لغيري رغماً عنها ، فإن دخلنا الجنة بإذنه تعالى فهل سيزوجها الله بزوجها الذي أُرغمت عليه ، أم بالرجل التي تحلم أن يكون زوجها ؟

Saya mengenal seorang wanita dan saya berusaha membina hubungan dengannya tanpa faidah (tidak syar’i). Keluarganya menikahkannya dengan orang lain secara paksa. Jika kami (berdua) masuk surga dengan izin Allah Ta’ala, apakah Allah akan menikahkan ia (wanita tersebut) dengan suaminya yang ia dipaksa dinikahkan. Atau dengan laki-laki yang menjadi impiannya untuk menjadi suaminya?

 

Jawaban:

اعلم أنه لا يحل للمسلم محادثة أو مراسلة امرأة أجنبية عنه ، ومن باب أولى أنه لا يجوز له أكثر من ذلك ، كاللقاء والخلوة بها … ، وهذا الباب ، باب التعارف بين الجنسين : باب فتنة وشر ، واتباع لخطوات الشيطان ، حتى يوقع أصحابها في المنكر العظيم والإثم الكبير ، والعياذ بالله .

Perlu diketahui bahwa tidak halal bagi seorang muslim berbincang-bincang (yang bisa menimbulkan fitnah) dan bersurat-suratan dengan wanita yang ajnabiyah (bukan mahram). Dan tidak boleh lagi jika lebih dari itu seperti bertemu dan berdua-duaan (khalwat). Saling ta’aruf antara dua jenis yang berbeda (tanpa ada kepentingan ingin menikah, pent) merupakan pinta fitnah dan keburukan, mengikuti langkah setan hingga menjerumuskan pelakunya ke dalam kemungkaran dan dosa yang besar. Wal’iyadzu billah.

إذا ثبت عقد زواج بشرع الله تعالى المطهَّر ، وكان الزوج هو آخر أزواج المرأة فيكون زوجها في الجنة ، فالصحيح في هذه المسألة أن المرأة لآخر أزواجها ، لا لأحسنهم خلُقاً ولا أنها تُخيَّر بينهم ، وإذا كان لها زوج واحد ليس ثمة غيره حتى توفيت ، أو توفي هو ولم تتزوج بعده : فالأمر في ذلك واضح بيِّن ؛ أنه يكون زوجَها في الجنة إن كان الزوجان من أصحابها

Jika telah terjadi akad pernikahan dengan syariat Allah Ta’ala yang suci. Suami adalah suami yang terakhir seorang wanita, maka ialah yang menjadi suaminya di surga. Yang shahih dalam masalah ini bahwa wanita adalah untuk suami terakhirnya, bukan karena alasan fisik yang paling bagus akan tetapi karena ia adalah suami yang paling terkahir.

Jika ia (wanita tersebut) hanya mempunyai satu suami tidak ada yang lain sampai ia meninggal atau suaminya meninggal dan ia tidak menikah lagi. Maka perkaranya jelas dan gamblang yaitu ialah suaminya di surga,  jika sepasang suami –istri tersebut merupakan penghuni surga.

 

لنصيحة لك :

1. أن تبتعد عن حياة تلك المرأة ؛ حتى لا تكون سببا في فساد ، أو تهدم بيتها وتشتت أسرتها وفِكرها .

2. أن تقطع التفكير فيها ؛ حتى لا تعذِّب نفسك بما طائل وراءه ، وحتى لا تسبِّب لنفسك أمراضاً كالاكتئاب والقلق مما قد يسبِّب لك أمراضاً عضوية .

3. أن تسير في حياتك فتبحث عن زوجة صالحة تحفظ عليك نفسك ودينك ، وتستثمر حياتك في النافع المفيد ، فتكوِّن أسرة صالحة وتربِّي ذرية طيبة ، فهو خير لدينك ودنياك من أن تعيش آمالاً فتسبب لنفسك بها آلاماً .

4. واعلم أن الجنة ليست ملتقى للعشَّاق ! وهذه العلاقة المحرَّمة التي كانت بينك وبين تلك المرأة لن يكون لها وجود في جنة الله تعالى ، والمرأة قد مضت لحال سبيلها ، وتزوجت زواجا شرعيا ، فلا تجعل نفسك مصلحا اجتماعيا ، تبحث عمن أجبرها أهلها ، أو من لا ترغب في زوجها ؛ فافعل فعلها ، وتزوج أنت الآخر زواجا شرعيا ، والتفت لنفسك أن يضيع عمرك فيما يضرك دنيا وأخرى ، وعسى الله أن يبدلك خيرا منها .

Nasehat bagimu:

1.engkau menjauhi kehidupan wanita tersebut, jangan sampai engkau menjadi sebab kerusakan, merusak rumah tangganya dan menggangu keluarga dan pikirannya.

2.engkau berhenti memikirkannya, jangan engkau siksa dirimu sehingga bisa menyebabkan engkau tertimpa penyakit seperti depresi dan cemas yang bisa menimbulkan penyakit badan

3.jalanilah hidupmu, engkau cari istri shalihah yang bisa menjaga dirimu dan agamamu, bisa membuahkan kehidupan yang berguna dan bermanfaat. Engkau bentuk kelurga yang shalih, mendidik keturunan yang baik. Hal tersebut baik bagi agama dan duniamu daripada engkau hidup dengan angan-angan (terhadap wanita tersebut) yang bisa menimbulkan rasa pedih.

4.ketahuilah bahwa surga bukanlah tempat bertemu orang yang sedang dimabuk cinta. Dan ini adalah bentuk hubungan yang diharamkan antara engkau dan wanita tersebut. Tidak akan terjadi di surga Allah Ta’ala.

Wanita tersebut telah mengambil jalannya, telah menikah dengan suami yang sah secara syariat. Janganlah engkau mencari-cari cara, mencari orang yang bisa memaksa keluarganya. Atau wanita yang tidak suka terhadap suaminya (mencari cara agar ia cerai dengan suaminya, pent). Kemudian engkau nikahi ia sebagai suami yang terakhir secara syariat. Tengoklah dirimu yang menyia-nyiakan umurmu dengan apa yang membahayakan dunia dan akhiratmu.

Semoga Allah menggantikan bagi engkau wanita yang lebih baik darinya.

 

Sumber: http://islamqa.info/ar/ref/160965 (situs Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid hafidzahullah)

 

Raehanul Bahraen, @ Pogung Lor-Jogja, 2 Jumadas Tsani 1434 H

Artikel www.muslimafiyah.com

 

 

28 Comments

  1. siti sri azizah says:

    bner bgt

  2. amrulloh says:

    saya mau tanya, gmn jika wanita yg kita cintai itu bkn menikah tapi pacaran dgn org lain. dan ini kenyataan pahit dimana saya berusaha mencintainya dalam diam dan ikhlas dgn tidak mendekatinya saat ini sampai saya mampu secara finansial utk mendatangi walinya. saya pikir dulu dia mempunyai komitmen “no pacaran”
    masih bolehkah kita melamarnya kelak??
    bolehkah saya mendoakan dia supaya putus dgn pacarnya tersebut??
    dan bolehkah saya selalu mendoakanya supaya berada di jalanNYA??
    mohon penjelasanya thd permasalahan ini.

    • Raehan says:

      wanita yang pacaran dengan orang lain tidak layak dijadikan istri, tidak bagus dijadikan istri,
      masih banyak wanita lain yang lebih baik,
      tidak perlu berdoa agr dia putus
      jika anda sudah cinta mati dengan dia, maka anda harus cari pengganti, yaitu segera menikah dengan wanita yang baik akhlak dan agamanya, wanita yang bisa mendidik anak2 anda..
      dengan menikah anda bisa melupakan wwanita tersebut, krna psikologis hati, sesuatu bisa dilupakan jika ada yg menggantikannya
      semoga Allah memudahakan jalann kita

  3. Jubah Dress says:

    Memula saya rasa cam kurang bersetuju ngan pendapat awak nie….

    tapi setelah pikir dalam2… ya awak memang betul …
    idea yg menarik…

  4. Khaulah Humaira says:

    Bismillaah. ustadz, ‘afwaan kalo misalnya tetap mencintai seseorang yg tdk qodarulloh tetap tdk bisa mjd suami atau istri di masa depan apakah boleh? ana jadi teringat kisah Umar bin Abdul Aziz yg tetap memendam kecintaan beliau kepada budaknya. Apakah yg semisal itu boleh?

    Jazaakallohu khoyro

    ana dapat kisah nya dari website ini:
    http://irilaslogo.wordpress.com/2012/09/28/cinta-dalam-diam-ala-umar-bin-abdul-aziz-part-2/

    • Jatuh cinta boleh saja, kasus umar bin abdul aziz boleh saja
      yg tidak boleh adalah salah menyikapi dgn cara yg tidak halal

      Tpi lebih baik dilupakan, krna itu sudah milik orng lain dan tidak ada gunanya
      umar bin abdul aziz, orng yg sibuk sklai dgn khalifah, shgga tdk sama dgn kita

  5. Ornella says:

    Assalamu’alaykum..ustaz,saye nak tanye..hmm..kalau misal nyer saye jatuh cinta dgn seseorang secara diam2 tapii mcm tak mungkin saye nikah dgn dia sebab dia dah nak kawin dgn org lain..kalau saye masuk syurga Inshaa Allah,bole tak saye minta kpd Allah saye nak dia jadi suami saye di syurga? afwan jiddan kalau pertanyaan saye agak pelik..jazakallahu khayran ustaz..May Allah bless you.. 🙂

  6. Agus Salim says:

    Ass…apa bnar penghuni surga mempunyai istri sebanyak 72 istri di antaranya 2 dari dunia dan 70 dari bidari2 surga? Truss siapa-siapa 2 istri yang berasal dari penduduk dunia? Tks wassalam…

  7. Amirul Aidil Yusof says:

    Assalam…boleh tak sye tumpang tanye…jika saye ske pada seorang gadis amerika umur 12 tahun…dan jikalau dia berlainan agama…bolehkah saye temui dia ketika di syurga kelak? Sye berumur 18 tahun…

  8. rini rohimah says:

    Assalamualaikum.
    Saya ingin bertanya saya berpacaran dengan satu laki laki selama 4 tahun. tapi saya dijodohkan dengan laki laki yang akhlaknya lebih baik. Tapi saya tidak bisa kehilangan pacar saya meskipun secara akhlak dia kalah. Apa solusinya untuk saya. Apa memang cinta itu ada. Atau hanya cara setan untuk menyesatkan saya

  9. Nur Agustiningsih says:

    Assalamualaikum Ustad…
    Dulu waktu masih berkeluarga ada seorang duda yang terus menerus mengganggu dan menggoda saya.Dia bahkan berkali-kali mengatakan semoga engkau segera menjadi janda.Alhamdulillah Allah msh menjaga iman saya,sehingga saya punya rasa takut kepadaNya & menjauhi laki-laki tersebut.Tapi takdir Allah berkata lain, saya justru ditinggalkan suami saya karena tergoda seorang janda.Laki-laki tersebut kembali datang & meminta saya menikah dengannya,tapi saya menolak.Sampai akhirnya dia memutuskan menikah dengan wanita yang sedang dipacarinya.Sebenarnya saya merasa sangat sakit hati kepada laki-laki tersebut,karena doa-doanya mengharapkan saya mjd janda.Saya merasa dia telah mendholimi saya & anak saya, sama seperti mantan suami saya.Bolehkah saya berdoa kepada Allah agar membalaskan semua yang telah dia perbuat kepada saya? Saya berharap semua yang pernah dia perbuat kepada saya akan terjadi kepada dirinya sendiri.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    • Wa’alaokumussalam, lebih baik di maafkan, dan fokus ke masa depan lebih baik,

      Masalah itu hnya membuat dendam dan mbgungkit masa lalu yg tidk berguna,

      Lebih baik.fokus masa depan

  10. zubaidah says:

    saya mohon bantuan penjelasan. apabila ada seorang wanita yg sangat mencintai lelaki A didunia,tetapi tidak bisa bersama. dan akhirnya dia menikahi laki laki yg tdk dia cintai. akan tetapi dia tetap berbakti kepada suaminya dan menjadi ibu yg baik utk anak anaknya,dan tdk berusaha mengembangkan cintanya pada lelaki A selama di dunia. si lelaki A pun demikian,walaupun dia tdk bisa bersama dg wanita itu didunia, dia tdk mencoba mengganggu rumah tangga wanita itu dan tetap menjadi kepala kekuarga yg baik bagi keluarganya sendiri.
    pertanyaan saya,bisakah mereka bersatu di surga sebagai pasangan, karena mereka berdua sama sama berjanji utk berbuat baik dg keluarga masing-masing didunia, tetapi jauh di lubuk hati mereka, mereka ingin bersama sama di surga sebagai pasangan.

    • Wa’alaikumussalam, tidak bisa bersama dgn laki2 lain jika sdh bersuami

      Silahkan baca:
      # Ini Dia Obat Ampuh Pengobatan Al-‘Isyq (Penyakit Cinta), Patah Hati, Ditolak DLL

      Obat itu adalah menikah dengan cinta yang halal….

      Sebagaimana kaidah yang dibawakan oleh syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:

      النفس لا تترك شيئا ألا بشيئ

      “jiwa tidak akan bisa meninggalkan sesuatu kecuali jika ada sesuatu [yang menggantikannya]”

      Si dia yang menolak engkau akan tergantikan dengan yang baru, di dia yang sebelumnya tidak halal maka tergantikan dengan yang halal…

      Jika tidak bisa menikah maka berikut 15 cara untuk mengobati penyakit cinta (al-‘isyq):

      1.Ikhlas kepada Allah.

      2.Berdoa

      3.Menahan pandangan

      4.Banyak berpikir dan berdzikir

      5. Menjauh dari orang yang dicintainya.

      6.Menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat

       7.Menengok orang sakit, mengiringi jenazah, menziarahi kubur, melihat orang mati, berpikir tentang kematian dan kehidupan setelahnya. 

      8.Senantiasa menghadiri majelis ilmu, duduk bersama orang-orang zuhud dan mendengar kisah-kisah orang shalih.

      9.Selalu konsisten menjaga sholat dengan sempurna, menjaga kewajiban-kewajiban sholat, baik berupa kekhusyukan dan kesempurnaannya secara lahir dan bathin.

      10.Membayangkan aib pujaan hati, melihat-lihat keburukannya.

      11.Membayangkan akan ditinggal pergi orang yang dicintainya, bisa jadi ditinggal mati atau ditinggal pergi tanpa sebab atau ditinggal karena sudah jemu dan bosan.

      12.Merenungi akibat perbuatannya dan keadaan buruk para peminum khamr asmara 

      13.Bersabar, karena perjuangan melepas belenggu al-’isyq sangat menuntut kesabaran.

      14.Yakin bahwa Allah akan memberi ganti lebih baik

      15.MENIKAH

      Baca selengkapnya dan penjelasannya ا:
      https://muslimafiyah.com/ini-dia-obat-ampuh-pengobatan-al-isyq-penyakit-cinta-patah-hati-ditolak-dll.html

      Penyusun: Raehanul Bahraen

      Add Pاn BB muslimafiyah.com 5AE1E629
      Telegram (klik): http://bit.ly/1TKFduj

  11. riska says:

    bagaimana seorang suami mempunyai istri 2 dan kemudian suatu saat suami tersebut meninggal dunia ,siapakah yang pendamping kelak disurga istri pertama atau kedua

  12. candra says:

    Assalamualaikum, saya mw nanya saya punya idola hollywod yang saya sangat idolakan tapi idola yg sangat saya idolakan tersebut sudah wafat secara non muslim pastinya itu terjadi kurang lebih 3th yg lalu, sampai sekarang saya terus kepikiran akan idola tersebut…sampai sampai saya bersemangat beribadah utk berdoa buat dia walau saya tau kita beda agama….yg mw saya tanyakan apabila saya minta doa kepada alloh untuk bisa bertemu di syurga apakah itu mungkin ustad sedangkan di sunia kita sama sekali tidak saling mengenal sama sekli….terimakasih saya sangat menantikan jawabannya dari anda

    • wa’alaikumussalam, sebaiknya anda lupakan idola anda itu, cari pengganti idola muslim, baca sirah dan kisah kepahlawanan sahabat dan orang shalih, semoga anda dimudahkan, tentu tidak akan bertemu di surga, dengan orang kafir
      barakallahu fikum

  13. maysa says:

    Assalamu’alaikum.
    Saya ingin bertanya.
    Bagaimana jika ada 2 org yg saling mencintai.. kemudian si wanita akan dinikahkan dgn org lain, wanita trsebut sdh berusaha utk batal menikah, tapi org tua ttp mrmaksanya menikah…
    Akhirnya wanita itu tdk bs mengelak.. namun dalam masa2 menunggu hari pernikahan, dia terus berdoa agar dijodohkan Allah n dipertemukan lagi oleh Allah dgn lelaki yg ia cintai. Begitu juga sebaliknya.. laki2 yg mencintainya juga terus berdoa agar bisa berjodoh dgn wanita yg dia cintai itu…
    Apakah doa mereka bisa dikabulkan Allah?

    • wa’alaikumusslam, jika sdah menikah, sebaiknya lupakan segera, krna itu jadi milik suaminya, hadapi masa depan dan berusaha membangun rumah tangga yang sakinah, semoga dimudahkan

  14. Mita says:

    Assalamu’alaikum.. saya ingin bertanya,saya berpacaran lebih 5 tahun dari dulu kami sudah mempunyai niat untuk menikah tp ibu saya tdk merestui krn alasan kami sepupuan jauh dan kami terus menunggu sampai ibu saya merestui kami, tp tiba2 kekasih saya sakit & ibu saya akhirnya mulai merestui, kami berdua sdh merencanakan pernikahan jika dia sudah sembuh tp allah berkehendak lain dia meninggal sblm km sempat menikah. Apakah kami bisa di persatukan dan di jodohkan dengan kekasih saya itu di surga nanti? Semasa hidup alm & saya selalu berdoa untuk dipersatukan didunia dan diakhirat dan apakah saya boleh tdk mau menikah dg org lain d dunia? krn saya takut tdk d pertemukan lagi dg almarhum diakhirat nanti. Dan wkt itu almarhum meminta sya spya tdk akan meninggalkannya apapun terjadi dan sya sdh berjanji dg lamarhum.

    • wa’alaiakumussalam, anda tidak bertemu dengannya di surga, karena status anda hanya pacaran dan itu dilarang agama, doakan saja dia agar masuk surga, sdgkan anda di dunia, segera move on dan hidup berumah tangga serta menikah, insyaALlah akan ada gantinya, smeoga dimudahkan

  15. Muhammad Yogi Pratama says:

    Assalamualaikum ustad saya mau tanya saya punya suatu permintaan kepada Allah karena saya mempunyai masa lalu dengan seseorang yang pernah menipu saya ,ia seorang menyamar sebagai orang lain dengan berkenalan dengan saya menggunakan foto ashilla Zee,dan lambat laun saya lihat ia sikapnya baik saya pikir dan saya muali jatuh hati dengan dia ,nah ketika suatu saat mungkin Allah SWT maha baik ia menunjukkan kepada saya bahwa orang yang saya cintai itu penipu ia menyamar sebagai seseorang yang bernama mustika indah Permatasari dan menggunakan foto wajahnya ashilla Zee demi mendapatkan cinta saya ustad, dan setelah saya mengetahui hal itu saya langsung meninggalkan ia, pada waktu itu saya agak marah dengan orang yang menipu saya tapi kini saya sudah dapat memaafkannya tetapi ada satu hal yang saya tidak bisa lupa dan cinta mati dengan individu yang diciptakan orang tersebut yaitu individu buatan yang bernama mustika indah Permatasari tapi bukan orang yg menipu saya hanya individu buatannya saja yang membuat saya cinta mati ustad, saya mau bertanya kepada ustad apakah di surga nanti saya bisa meminta izin kepada Allah SWT untuk membuatkan saya pendamping dengan kepribadian seperti mustika indah Permatasari dengan wajah ashilla Zee, saya berpikir kalo di dunia ini hal tersebut mungkin mustahil tetapi di surga nanti kita bisa meminta apapun kan ustad dan Allah SWT adalah Tuhan yang maha pencipta apakah hal itu bisa ustad ?? Dua mohon keikhlasan ustad untuk menjawab pertanyaan saya tersebut karena saya sudah tidak tau lagi harus bertanya kepada siapa tentang masalah saya ini ustad terima kasih sebelumnya ustadz :'(

Leave a Reply