Home / Aqidah / Ini Dia Obat Ampuh Pengobatan Al-‘Isyq (Penyakit Cinta), Patah Hati, Ditolak DLL

Ini Dia Obat Ampuh Pengobatan Al-‘Isyq (Penyakit Cinta), Patah Hati, Ditolak DLL

'isyq

Obat itu adalah menikah dengan cinta yang halal….

Sebagaimana kaidah yang dibawakan oleh syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:

النفس لا تترك شيئا ألا بشيئ

“jiwa tidak akan bisa meninggalkan sesuatu kecuali jika ada sesuatu [yang menggantikannya]”

Si dia yang menolak engkau akan tergantikan dengan yang baru, di dia yang sebelumnya tidak halal maka tergantikan dengan yang halal…

Jika tidak bisa menikah maka berikut 15 cara untuk mengobati penyakit cinta (al-‘isyq):

Hakikatnya, sebagian mereka yang terkena penyakit ini sudah tahu dan sadar penuh bahwa mereka terkena suatu penyakit yang berbahaya. Akan tetapi mereka malah ingin terus bergelimang didalamnya. Merasakan manis rasa perihnya rindu kepada pujaan hati. peringatan tentang al-‘isyq dikepala mereka bagai mengukir air dalam memori, sekejab dalam kedipan mata langsung hilang. mereka tidak peduli, yang terpenting hati mereka tetap dijerat oleh surga kepalsuan.

Oleh karena itu, kami ingin berpanjang lebar mengenai hal ini. Langkah ini harus ditapaki oleh peminum khamr asmara agar mereka siuman dan tersadar.

1.Ikhlas kepada Allah.

Hanya keikhlasan yang membuahkan pertolongan.

2.Berdoa

karena doa bisa merubah takdir. Merendahkan diri kepada Allah, secara tulus menyerahkan diri kepada-Nya, ikhlas, dan memohon kepada-Nya dengan segala kerendahan agar disembuhkan dari penyakit

3.Menahan pandangan

Jika bisa, menahan pandangan semua yang berhubungan dengan pujaan hati. Rumahnya, kendaraan, barang pemberian dan lain-lain

4.Banyak berpikir dan berdzikir

Berpikir dan merenungi bahwa ini adalah penyakit. Berdzikir agar menguatkan hati dan menenangkan jiwa

Allah berfirman,

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” [Ar-Ra’du:28]

5. Menjauh dari orang yang dicintainya.

bersabarlah menanggung beban perpisahan beberapa waktu walaupun sulit pada awalnya. Jauhilah handphone yang mengarah kepadanya, hapus memori telpon dari nomornya. Ganti nomor anda. Jauhilah orang-orang [comblang] yang mendukung cinta buah khuldi yang palsu.

6.Menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat

Kita sudah tahu sebab mabuk cinta adalah karena kesibukan hati yang kosong. Hatinya akan dipenuhi bayang-bayang kekasihnya. Bayang-bayang itu akan memudar kemudian pecah bersama kesibukan ketaatan yang berujung dengan melupakannya.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata:

وَنَفْسُكَ إِنْ أَشْغَلَتْهَا بِالحَقِّ وَإِلاَّ اشْتَغَلَتْكَ بِالبَاطِلِ

 

“Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil” [Al Jawabul Kaafi hal 156, Darul Ma’rifah, cetakan pertama, Asy-Syamilah].

 7.Menengok orang sakit, mengiringi jenazah, menziarahi kubur, melihat orang mati, berpikir tentang kematian dan kehidupan setelahnya.

Kelezatan dunia yang semu bisa remuk redam dengan meningat kematian, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْثِرُوا ذِكْرَ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ يَعْنِي الْمَوْتَ

“Perbanyaklah mengingat penghancur kelezatan, yakni kematian” (HR. Imam Empat kecuali Abu Daud)

 

8.Senantiasa menghadiri majelis ilmu, duduk bersama orang-orang zuhud dan mendengar kisah-kisah orang shalih.

Majelis ilmu adalah tempat me-recharge iman setelah baterainya habis termakan oleh buaian berbuah tak nyata. Kumpulan orang-orang yang sholih adalah tempat istirahatnya hati dari kesibukan menangkal fitnah dan makar dunia.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah Allah, mereka membacakan kitabullah dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketenangan, dan rahmat menyelimuti mereka, para malaikat mengelilingi mereka dan Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang ada didekatnya”. [HR. Muslim nomor 6793]

 

9.Selalu konsisten menjaga sholat dengan sempurna, menjaga kewajiban-kewajiban sholat, baik berupa kekhusyukan dan kesempurnaannya secara lahir dan bathin.

Jika sholat kita memang benar, maka akn mencegah semuanya, Allah ‘Azza wa jalla berfirman,

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar” [Al-Ankabut: 45]

10.Membayangkan aib pujaan hati, melihat-lihat keburukannya.

Ibnul Jauzi rahimahullah berkata: “Sesungguhnya manusia penuh dengan najis dan kotoran. Dan orang yang dimabuk cinta melihat kekasihnya dalam keadaan sempurna. Karena cinta, ia tidak dapat melihat aib kekasihnya. Sebab hakikat segala sesuatu dapat disingkap dengan timbangan yang adil. Sementara yang menjadi penguasa atas dirinya adalah hawa nafsu yang zhalim. Itu akan menutupi seluruh cela hingga akhirnya orang yang dilanda cinta melihat kekasihnya yang jelek menjadi jelita. “.

 

11.Membayangkan akan ditinggal pergi orang yang dicintainya, bisa jadi ditinggal mati atau ditinggal pergi tanpa sebab atau ditinggal karena sudah jemu dan bosan.

Karena semua yang ada di dunia akan musnah, Allah ‘Azza wa jalla berfirman,

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ

“Semua yang ada di bumi itu akan binasa.” [Ar-Rahman: 26]

 

12.Merenungi akibat perbuatannya dan keadaan buruk para peminum khamr asmara

Hal ini bisa didapat dengan membaca dan menoleh kebelakang dengan berkaca kepada sejarah. orang-orang yang akan hina dunia dan akhirat karena cinta. Qobil yang membunuh habil, Abdurrahman bin Muljam yang membunuh Ali bin Abi Thalib radhiallhu ‘anhu, terbunuhnya unta nabi Shalih ‘alahissalam. Semua karena al-’isyq terhadap wanita

 

13.Bersabar, karena perjuangan melepas belenggu al-’isyq sangat menuntut kesabaran.

Jika bersabar dengan sebenar-benarnya akan mendapatkan pahala yang tak terkira, Allah ‘Azza wa jalla berfirman,

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

 

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar sajalah yang akan dipenuhi ganjaran mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

14.Yakin bahwa Allah akan memberi ganti lebih baik

Salah satu kekhawatiran adalah apakah ia bisa dapat yang seperti ini kelak. benih cinta ini yang sulit semai. Tebing asmara ini yang sudah susah payah didaki. Lika-liku kasih yang berat dilewati. Istana sayang yang dibangun  bersama. Apaka itu semua akan ditinggal dan roboh begitu saja?. Jawabannya adalah, Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik. Istana itu dibangun diatas pondasi kemaksiatan kepada Allah. Tampak megah dan tegar tapi hakikatnya lemah tak bertumpu bagai tiang penyangga yang bersandar kepada temboknya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

نَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ

Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik bagimu.” (HR. Ahmad 5/363. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shohih)

 

15.MENIKAH

 

Demikian semoga bermanfaat

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush shalihaat, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam

 

@Gedung Radiopoetro FK UGM, Yogyakarta Tercinta

Penyusun:  Raehanul Bahraen

Artikel www.muslimafiyah.com

 

silahkan like fanspage FB , subscribe facebook dan   follow twitter

 

56 Comments

  1. kurniawanros says:

    Mohon ijin share dok.. Artikelnya sangat bermanfaat dengan ijin Allah

      • Desi ryani says:

        Assalamualaikum..
        pak ustad Reahanul Bahrean.

        Saya mau tanya tapi tadi tidak bisa masuk pertanyaannya.
        makanya saya dibatasi di pertanyaan Kurniawan..
        saya mau sedikit bercerita..tentang apa menjadi dilema saya saat ini..
        saya asli dari lampung barat..saat ini saya tinggal di serang banten..bekerja sambil pendidikan pasca sarjana..saya anak bungsu dari 5 bersaudara…ketiga kakak saya sudah berkeluarga dan sudah mempunyai tempat tinggal masing2..jadi dirumah hanya ada bapak sama emak..saya khawatir dengan keadan mereka..memang masih kuat tapi emak sering sakit2an..kemaren saya di lamar oleh sekarang lelaki sholeh yang menurut aku bisa mbimbingku ke surga..amin..
        Alhamdulillah respon baik dari orangtuaku..Tapi ada keputusan yang tidak bisa di terima oleh pihak calon..
        karena melihat orangtuaku yang sering sakit..mereka ingin aku yang mengurusi mereka..sampai mereka mati begitu amanat orangtuaku..jadi setelah menikah si calon harus ikut dgn saya dan tinggal di lampung..Tapi orangtuaku juga memberi kebebasan kepada kami..untuk kapan kalau siap baru akan tinggal di lampung..dan menetap disana suatu saat nanti..pulang ke serang setiap 1 tahun sekali..Tapi pihak calon tidak terima dengan keputusan ini
        Saya sangat sedih..apa yang harus aku lakukan ketika dalam.keadan pilihan seperti ini..saya tidak mau mengecewakan orangtuaku..dan sangat ingin membahagiakan mereka..disisi lain aku sangat ingin menikah dengannya..menurutku ini pilihan saya..

        Menurut pak ustad bagaimana dengan cerita saya..
        mohon solusi agar aku tau.
        apa yang akan aku lakukan..
        Wassalam

      • Masalah sperti ini perlu di diskusikan bersama, duduk bersama dan.mencari solusi terbaik, insyaAllah akan ada solusi terbaiknya

  2. agung says:

    Assalamualaikum pak ustadz
    Mohon dijelaskan mengenai poin nomer 2, “doa bisa merubah takdir”, apakah takdir bisa berubah?, bukankah takdir telah ditetapkan sebelum dunia ini diciptakan?..
    Terima kasih…

  3. Alfin says:

    Masya Allah,,bukan kebetulan,,tapi ini adl “pemberitahuan” kepada ana melalui akhi Raehanul,,untuk mengobati luka akibat perpisahan dg suami ^^
    Jazakallah khairan katsira

  4. reni says:

    Afwan dok, kl misalnya ‘jatuh cinta’nya kpd ustadz bgmn solusinya dok? awalnya merasa cocok sekali dgn cr beliau menjelaskan kajian, dan Masya Allah beliau mmg ilmunya luas. tp lama2 kok seperti gmn gitu?
    Apakah kemudian sebaiknya hny mendengarkan ustadz2 yg tua saja?

  5. Herry says:

    Alhamdulillah,saya sedikit terbantu mengatasi rasa sakit hati saya,sdh seminggu saya merasaknnya,bahkan sampai tidak tidur dan makan,selalu saja bayangan mantan saya menusuk di hati,ini kedua kali nya saya di putuskan pacar saya dlm 4thn mnjalin hbungan,krna org tua pacar sy tdk merestui hub kami,dia di jodohkan dgn org lain,org pertama tahun lalu meninggal,saya pikir itu petunjuk Allah utk jalan kami kepernikahan,ternyata ujian blum berakhir,org tuanya kembali menjodohkan dia dgn org lain,pacar sy menyerah krn di ancam tdk usah bertemu ibunya lg klo masih bersama saya,tahun lalu saya jatuh di narkoba,tahun ini saya jatuh di sajadah,semoga kakak2 di sni bisa membimbing saya…

    • widdi says:

      Asslkm.. Apa yg mas herri rasakan. Bru sy rsakan. Hnya sj stlh perpisahn 3bln dg dia. Dia meninggal. Krna org tua jg tak merestui, dan protective dia yg membuat sy tdk than. Skrg dia sudah tenang d sna. Namun byg2 penyesalan skrg yg sy rsa kan. Sya merasa krna sy smua ini terjd. Meninggal nya dia krna pts dg sy. Sy sgat menyayangi nya, hinnga dia skt prah tak bs bergerak, sy lah yg merawatnya. Tp Allah lbh syg dg nya

    • ola says:

      assalamualaikum
      ternyata bukan hanya saya saja yg merasakan, sayapun dimikian, pacaran selama 4 tahun, dan abis lebaran besok saya berencana ingin menikah dengan dia, tapi ternyata allah berkata lain, keluarga dari dia tidak setuju dengan alasan saya telah mendukuni ya, jujur saya sempat shock dan sangat tidak terima, segitukah keluarganya membenci hubungan saya dengan dia, saya sangat sakit hati sekali karena telah dituduh hal yg tidak pernah saya lakukan, dan pada akhirnya saya bertekad untuk melupakannya. begitu sakit rasanya hanya karena persoalan tersebut. dan saya yakin akan ada pengganti yg jauh lebih baik.

      artikel ini sangat bermanfaat, ternyata benar hanya allah lah yg harusnya kita cintai bukan manusia, pelajaran yg sangat berharga yg saya dapat

  6. opakgenthe says:

    Bolehkah saya copas….untuk saya bagikan ke teman yang lain…terimakasih

  7. cucan says:

    knpa sya slit sekali,melupakannya…padahal dia sdh mpy cwe baru,tl0ng bri q nsehat

  8. dana says:

    Susah skali buat makan. Ga nafsu liat nasi, rasanya kenyang terus. Pengen bgt bisa lupa tapi 3 tahun itu bkn waktu yg singkat. Pengen ga nangis tapi tetep aja nangis, dia trus muter2 di otak saya. Saya ingin men skip masa transisiini.

  9. ranty misara says:

    ass..!! saya ingin solusi dari ustad, saya berpacaran sudah hampir 5 tahun. dan saya tidak ada kebhagian yg saya rasakan. untuk meninggalnya pun saya tak bisa. tp saya tidak sanggup dgn semua ini.

  10. yudi says:

    Kan kucoba jalani satu persatu, walau diantaranya ada yg pernah kulakukan, semoga dengan membaca artikel diatas dapat cepat kumelupakannya, hingga ku tak sakit hati lagi karena dia, amin.

  11. Dian says:

    Sy 8th pacaran, sudah selangkah lagi untuk menikah. Tapi ditengah jalan gagal, kami tidak jadi menikah. Apa yang harus saya lakukan? Bahkan sy terpaksa berhenti bekerja, karna sy merasa tidak bersemangat dan selalu memikirkannya.

  12. mira says:

    Gimana bisa di lupakan kalau bos sendiri ditemani pacaran tpi dia di jodohkan ma wanita lain pengen cepat2 recent

  13. sigit says:

    Assalamu’alaikum dokter..
    Subhanalloh, tulisannya sangat mengena..
    Saya ijin ya dok, saya kutip tulisannya ke tulisan saya, saya ada rencana terbitin buku tentang cinta…
    Terimakasih sebelumnya

  14. Fajar Perdana says:

    Terimakasih atas artikelnya, sangat membantu dan membuat saya sadar atas dosa apa yang suda saya lakukan..sukses terus buat penulis artikel..amin.:)

  15. winna says:

    kk mau tny utk pemasangan iklan betting disitus muslimafiyah.com diperbolehkan ga?
    kalo bole bisa minta harga perbulannya?

    terima kasih

  16. rinni says:

    Assalamualaikum. Saya sudah berpacaran 5thn,sudah berencana untuk menikah. Tapi ditengah jalan kami berpisah karena dia berselingkuh. Setiap hari saya terbebani rasa sakit hati,apa yg harus saya lakukan? Sudah mencoba ikhlas tp ternyata sulit.

  17. Desi ryani says:

    Assalamualaikum..
    pak ustadz saya mau sedikit bercerita..ini masalah hati,cinta,dan pilihan hidup..
    saya adalah putri bungsu dari 4 persaudara..ketiga kakak2 saya sudah.berkeluarga dan mempunyai tempat tinggal masing..saya merantau..karena masih dalam pendidikan pasca sarjana..dirumah cuma ada bapak sama emak..mereka alhamdulillah masih kuat tapi emak sering sakit2..untuk saat ini saya sudah di lamar oleh seorang pria sholeh menurut saya bisa membimbingku ke surga..dia sebagai honorer..Alhamdulillah saya tidak mempermasalahkan gaji Atw pekerjaan..dia dari keluarga yang benar2 menjalankan syariat islam..
    saya bahagia kalau misalkan saya menikah dengan nya setelah proses ta’aruf 3 bulan..dia melamar saya ke keluarga…
    Alhamdulillah respon orangtua baik..Tapi ada 1 keputusan yang tdk bisa kami kedua belah pihak beratkan..
    orangtuaku menginginkan setelah menikah dan kalau siap calon suami harus ikut dengan saya dan menetap di lampung ..kebetulan saya dari lampung..dan calon suami dari serang banten..
    saya bingung..orangtua calon tdk terima kalau kami tinggal di lampung setelah menikah..begitupun dengan orangtuaku..tetap kekeh dgn keputusan mereka..di suatu sisi saya sangat menyayangi orangtuaku..Tapi disisi lain saya juga sangat ingin menikah dengannya..saya sangat dilema pak ustad..apa yang akan saya lakukan..menikah dengan.meninggalkan orangtuaku dan ikut bersama suami hidup di serang banten.atau aku batalkan pernikahan ini ..mencari yang sesama orang lampung dan tinggal di lampung bersama orang tuaku..menjaga dan.mengurusinya..

    Padahal orangtuaku memberikan kebebasan kalau belum siap gpp tinggal diserang dulu..Tapi calon tetap kekeh tidak mau ikut saya suatu saat nanti..
    saya jadi bingung pak ustad..mohon solusinya yang baik apa yang harus saya lakukan
    Terimakasih
    Wassalam

  18. Fitriyani says:

    Assalamu’alaikum dok saya baru putus 2 mingguan lalu….ak berusaha Lupain dia tapi susah selalu bayang2 dia ada di Fikiran saya ak slalu coba baca2 dzikir sebisa saya agar ingatan q ke dia bisa lepas tapi nyatanya masih trus ada dok…dok pertanyaannya apakah masih boleh di setiap habis sholat q, q selalu baca amalan Yusuf dan zikir lain nya agar dia kembali kepada saya dan berdo’a pada Allah minta agar di kembalikan pada saya? Dan sedangkan kita dah putus….di dalam do’a q q masih mengharapkan dia tapi di balik itu saya masih tersiksa pada bayang2 dia yg kenyataannya udah bukan pacar say lagi … Golong dok minta solusi dan jawaban nya makasi….Wassalamualaikum

    • Wa’alaimumussalam, tidk perlu kembali pacaran,

      Silahkan baca:
      # Ini Dia Obat Ampuh Pengobatan Al-‘Isyq (Penyakit Cinta), Patah Hati, Ditolak DLL

      Obat itu adalah menikah dengan cinta yang halal….

      Sebagaimana kaidah yang dibawakan oleh syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:

      النفس لا تترك شيئا ألا بشيئ

      “jiwa tidak akan bisa meninggalkan sesuatu kecuali jika ada sesuatu [yang menggantikannya]”

      Si dia yang menolak engkau akan tergantikan dengan yang baru, di dia yang sebelumnya tidak halal maka tergantikan dengan yang halal…

      Jika tidak bisa menikah maka berikut 15 cara untuk mengobati penyakit cinta (al-‘isyq):

      1.Ikhlas kepada Allah.

      2.Berdoa

      3.Menahan pandangan

      4.Banyak berpikir dan berdzikir

      5. Menjauh dari orang yang dicintainya.

      6.Menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat

       7.Menengok orang sakit, mengiringi jenazah, menziarahi kubur, melihat orang mati, berpikir tentang kematian dan kehidupan setelahnya. 

      8.Senantiasa menghadiri majelis ilmu, duduk bersama orang-orang zuhud dan mendengar kisah-kisah orang shalih.

      9.Selalu konsisten menjaga sholat dengan sempurna, menjaga kewajiban-kewajiban sholat, baik berupa kekhusyukan dan kesempurnaannya secara lahir dan bathin.

      10.Membayangkan aib pujaan hati, melihat-lihat keburukannya.

      11.Membayangkan akan ditinggal pergi orang yang dicintainya, bisa jadi ditinggal mati atau ditinggal pergi tanpa sebab atau ditinggal karena sudah jemu dan bosan.

      12.Merenungi akibat perbuatannya dan keadaan buruk para peminum khamr asmara 

      13.Bersabar, karena perjuangan melepas belenggu al-’isyq sangat menuntut kesabaran.

      14.Yakin bahwa Allah akan memberi ganti lebih baik

      15.MENIKAH

      Baca selengkapnya dan penjelasannya ا:
      https://muslimafiyah.com/ini-dia-obat-ampuh-pengobatan-al-isyq-penyakit-cinta-patah-hati-ditolak-dll.html

      Penyusun: Raehanul Bahraen

      Add Pاn BB muslimafiyah.com 5AE1E629
      Telegram (klik): http://bit.ly/1TKFduj

  19. Nina says:

    Assalamu alaykum dok..Mau nanya nih. Kalo sdh bertahun2 berusaha move on, sdh pake berbagai cara jg, mulai dr doa sampai amalan2 khusus, tp tetap gagal jg, apa itu pertanda jodoh?

  20. Ellen says:

    Assalamualaikum,
    Tulisan nya bagus dan bermanfaat sekali, alhamdulillah saya bersyukur menemukan tulisan ini ditengah kegundahan dan kegelisahan hati saya, sebagai manusia biasa saya mengakui kelemahan saya sbg perempuan,namun cara2 ini patut di coba,,semoga Allah subhanahu wa ta’ala mendampingi saya dalam perjuanhan memantaskan diri mendapat jodoh yg baik dan yg saya cintai..begitu pula adany utk teman2 yg tertimpa masalah yg sama ya..sabar

  21. surya says:

    6tahun sudah menjalani masa indah..insya allah setelah idul fitri ini saya ingin melamarnya.tapi allah berhendak lain..dia sudah di lamar saat malam takbiran..walaupun berat sampai saat ini..saya berusaha melupakannya karena allah..saya berharap mendaptkan jodoh yg lebih baik yg sama2 mencintai karena allah..mohon ustadz doanya semoga allah mengabulkan doa saya..

    • amin, semoga dimudahkan

    • Fullan says:

      sabar y gan,sma persis kjdianya lbran kmren,sya udah 4 th pcran giliran mau melamr dtolak yg d terima malah org lain yg lebih kaya. pdahal kita yg berjuang. sakit bngt memang, kcewa, sedih, dan sya masih gak percya bgitu cepat terjadi,,hanya bisa berharap dan berdoa mudah2an hati ini bisa ikhlas dan alloh mengganti jauh yg lebih baik lagi..amin, mngkin alloh mempunyai rencna lain yg lebih indah gan, spa tau yg mnurut kita baik pas udah nikah berubah kn ga tau, lebih baik sakit skrg.. dan alhmdllh dgn kejadian itu kita smkin dekat sma alloh..

  22. akmal96 says:

    assalamualaikum
    maaf ustadz ana jatuh hati kpada wanita syarifah tapi apakan mungkin dia kami bisa berjodoh suatu saat kelak
    mohon jawabannya ustadz

  23. akmal96 says:

    Assalamualaikum
    Maaf ustadZ saya mau brtanya salahkah saya bila saya jatuh hati pada wanita ahlul bait/syarifah tapi dengar2/ katanya seorang biasa sprti saya tidak boleh mnikahinya
    mohon pnjelasannya ustadz

  24. Mikaela says:

    Dan bener obat smua penyakit hati yang paling manjur n cepet nyembuhin adalah Tauhid, ga ada hal lain yg bisa menyembuhkan plus bonus d kasih rasa tenang n optimis buat jalanin hidup selain dari tauhid tadi.

    Cara dapetinnya juga gampang asal ada kemauan untuk nuntut ilmu syar’i terutama pada poin mengenal Allah Subhanahu wa ta’ala. InsyaAllah kalo dah usaha pasti dikasih jalan terbaik. N jangan lupa juga niatin semua untuk hijrah ke jalan Allah Tabaraka wa ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

    Btw Jazakallah khairan ya Dok, atas artikelnya n Alhamdulillah banget2 karna sudah diingatkan

  25. Bejo says:

    assalamualaikum,
    saya pria sudah menikah, tp sgt mencintai seorang muslimah, brjabat tgn saja dia tidak mau, ntinya sys sngt mengaguminya, setengahnya membawa pengaruh baik untuk ibadah saya, tp saya takut ibadah sy bukan Lillahitaala, dan lg dia sllu ada dlm otak saya, sy sdh mencoba mengabaikan perasaan, walau sngt sakit, tp blm bisa smpai skrang, mohon bantuan penjelasannya dan doanya, terima kasih
    wassalam

  26. alfa says:

    aslmkum ustad.. semoga anda selalu dalam lindungan kasih sayang allah swt, saya mau cerita sedikit tentang apa yg sedang saya alami.
    sudah lama saya memendam rasa kepada salah satu akhwat dlm organisasi tempat kami bernaung. entahlah saya mungkin terlalu pede sampai mau menunda menikah karena saya taudia hanya mau menikah setelah lulus kuliah. karena saya meraasa dia jg menyukai saya (mungkin perasaan saja)
    belakangan intensitas seruan untuk menikah semakin gencar baik dr teman2 maupun murabi saya, saya masih coba bertahan kurang lebih 1 setengah tahun.
    beragam ledekan dan nasehat selalu saya terima walaupun kadang ledekan dr teman2 sempat memancing emosi saya.
    ada 1 teman yg akhirnya mengatakan pd saya bahwa si akhwat siap menikah walau masih kuliah, awalnya saya tak peduli sampai dia jg mengatakan kepada sahabat dekat saya tentang hal yg sama. lalu saya komunikasi kpd murabi saya dan di izinkan untuk bertanya lgsung kpd si akhwat perihal kabar yg di katakan temen saya itu.
    saya sdh duga jawabanya adalah sama sperti yg ada di kepala saya.
    saya kecewa sama teman saya itu stad.
    maksudnya apa menyampaikan berita bohong itu
    kerugian saya yg lain adlh si akhwat merasa kecewa sama saya karen cara saya bertanya langsung spertii itu adalah salah. (saya sudah jelaskan atas izin murabi)
    akhirnya saya sekarang memutuskan meninggalkan si akhwat dan menyetujui taaruf dengan akhwat lain pilihan murabi.
    dan sebentar lagi saya menikah
    pertnyaan saya adalah apa yg harus saya lakukan karena saya tau dia kecewa kalo saya menikah dengan akhwat lain (dari medsos)
    saya sesali juga karena kita berdua jd ga saling sapa atas kejadian itu.
    apa perlu saya komunikasi langsung (via pesan) karena menurut saya kita ga harus saling kaku.jazakallah stad

  27. yuni says:

    Assalamualaikum ustad,saya jatuh cinta dgn tetangga sebelah rumah dan cinta saya ditolak,dan susah sekali move on karena setiap hari masih bisa melihat dan mendengar suaranya saya tidak tahu lagi apa yang harus saya lakukan,dan saya adalah tipe orang yang susah sekali jatuh cinta,apakah berdosa memutuskan untuk hidup melajang,terima kasih

  28. Audina says:

    Poin yang terakhir tetep ya ustadz😁
    Alhamdulillaah 3th pacaran akhirnya memutuskan utk pisah dan sekarang malah bahagia bangeet jadi makin banyak waktu sama keluarga. 🙂

  29. Ani says:

    Assalamualaikum.
    Artikelnya sangat membantu….untuk belajar apa itu ikhlas buat saya…
    Saya sudah 5bln berpisah dgn kekasih,krn Allah berkehendak lain.kekasih saya mendapat cobaan hingga harus menikahi wanita lain…

    Ikhlas sgt sulit buat saya,,inshaallah saya belajar…meski jujur,masih sgt tertatih….
    Aku percaya,ini yg terbaik…jalan yg dipilih Allah,untuk menghindarkan kami dr sesuatu yg gg baik seperti pacaran…
    Dan aku percaya,Allah sedang menyiapkan ikatan yg halal untukku di depan sana…. Aminn

  30. Chusni says:

    Assalamualaikum .. ustad…
    Saya berhubungan dengan seseorang perempuan .. kami tidak berpacaran melainkan sebuah hubungan tanpa status, yang di Islam di sebut ta aruf, kami tidak pernah bertengkar, dia tidak pernah membentak ataupun apa begitu pula aku, hubungan kami sudah seperti sebuah hubungan rumah tangga meski kami masih berstatus mahasiswa, kami menjalin hubungan kerja sama dalam berdagang, berbelanja bersama, dan lain sebagainya, namun , maaf . Saya terkena godaan, untuk berciuman dengan dia , yang pertama kalinya, nah .. padahal selama menjalin hubungan lebih dari 2 Thun, kami enggan melakukan hal yang berbau zina, akibat itu lah , hubungan kami semakin hari semakin buruk, hubungan penuh dengan nafsu yang ada, kemudian banyak sekali kecerobohan yang saya perbuat, padahal saya sudah sangat berhati” namun selalu saja ada masalah, sampai akhirnya dia benar” marah dan membenci saya, saya sedih ustad, saya bilang kepadanya, kalau saya akan berubah, dan benar adanya kami saling memahami kalau hubungan ini semakin rusak gara” ciuman pertama kali kami, cintanya mulai luntur, namun cintaku semakin hari semakin besar, sampai akhirnya hubungan kami renggang dia mulai cuek dan suka marah” dengan ku. Dan berakhir. Apa yang harus saya lakukan ustad agr dia dapat kembali menyayangi saya, saya sudah menyesal melakukan hal tersebut, dan saya tidak akan melakukanya lagi.. namun dia terus menutup hatinya… Mohon solusinya ustad.. terimakasih.. wassalamu’alaikum warohmatullahiwabarokatu…

  31. info nya sangat membantu ni gan. benar2 menginspirasi. terimakasih sudah membantu.

Leave a Reply