Home / Adab / Gadgetmu Bukan Hanya Untuk Selfie Dan Nge-Game

Gadgetmu Bukan Hanya Untuk Selfie Dan Nge-Game

Gadget dan smartphone bisa jadi adalah kebutuhan primer di zaman ini. Bahkan sudah bertambah slogannya, menjadi

“Sandang, pangan, papan dan cashan”

Setiap orang bagaimanapun statusnya, mayoritas mereka mempunyai gadget atau smartphone. Alhamdulillah, ini merupakan nikmat dan karunaia yang banyak dari Allah. Gadget dengan internet merupakan pedang bermata dua. Sehingga perlu bijak menggunakan gadget ini agar bermanfaat dua dan akhirat.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar gadget bisa menjadi sarana mengantarkan sukses dunia-akhirat

1. Manfaatkan program note dan kalender

2. Ikut grup bermanfaat dan pembelajaran jarak jauh

3. Sering hubungi orang tua dan keluarga kita

4. Pastikan Al-Quran dan Aplikasi Doa-dzikir ada di gadgetmu

5. Aplikasi hadits juga penting, terutama hadits Arbain An-Nawawiyah

6. Kamera untuk hal positif, buat gambar-desain motvasi islami bermanfaat

7. Simpan e-book bermanfaat

8. Kamus bermanfaat dan google translate dan percakapan dasar

9. Aplikasi bermanfaat lainnya

 

Berikut penjelasannya:

1. Manfaatkan program note dan kalender

Gunakan gadget anda untuk mencatat hal-hal penting, misalnya:

-Catatan-catatan tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan

-Apa yang harus di beli (calon belanjaan kebutuhan)

-Catatan poin-poin untuk tulisan, jika anda seorang penulis, karena yang namanya “ilham” dan ide menarik itu datang sekilas, kemudian akan lupa ketika beraktifitas

-Catat juga ilmu-ilmu dan note-note penting yang sangat bermanfaat, yang ringkas dan penuh makna, baik ketika anda mendengar, dapat Broadcast atau ketika menghadiri majelis ilmu.

Karena yang namanya ilmu perlu dicatat, sebagaimana perkataan ulama

قيد العلم بالكتابة

“Ikatlah ilmu dengan mencatatnya”

-Program kalender bisa digunakan untuk mencatat dan memprogramkan target dan tujuan kita. Misalnya dalam beberapa bulan saya hapal sekian juz. Karena sibuk kuliah saya mengahapal setiap hari selasa dan kamis bada magrib. Nanti ada program reminder.

Ajaran Islam mengajarkan agar kita selalu meencanakan dan memprogram masa depan kita. Jangan samapai hidup seperti air mengalir karena yang namanya “mengalir” pasti dari atas ke bawah.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

 “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (masa depan) ; dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (Al-Hasyr: 18)

 

  1. Ikut grup bermanfaat dan pembelajaran jarak jauh

Sudah sangat banyak program pembelajaran jarak jauh. Ini cukup baik bagi mereka yang sibuk dan tidak bisa menghadiri majelis ilmu atau bagi Ibu yang sibuk mendidik anak mereka di rumah. Jangan khawatir tidak bisa mengikuti, dicoba dahulu karena tidak ada konsekuensi besar jika tidak bisa mengikuti rutin pelajarannya.

Kemudian ikut grup bermanfaat yang banyak membahas hal-hal yang bemanfaat bagi dunia dan akhirat.

Kita bersama dan berkumpul dengan orang-orang shalih untuk saling mengingatkan tentang agama dan akhirat kita. Inilah yang diperintahkan kepada kita

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

 Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar(jujur).” (QS. At Taubah: 119).

Bukan grup yang terlalu banyak becanda, terlalu banyak ngobrol basa-basi tidak bemanfaat karena ini membuang-buang waktu dan membuat “orang dekat jadi jauh dan orang jauh jadi dekat” bahkan bisa merusak hubungan suami-istri atau hubungan komunikasi dengan keluarga.

Jangan lupa juga membuat grup keluarga, kerabat  dan orang tua kita. Jangan sampai kita sangat akrab dengan orang lain dan sering berkomunikasi tetapi sesama keluarga kita jarang berkomunikasi.

 

  1. Sering hubungi orang tua dan keluarga kita

Dengan teknologi komunikasi yang maju  kita pelu sering menghubungi orang tua kita. Karena tekadang anak sibuk dengan aktifitas dan kegiatan sehingga lupa dengan orang tua mereka. Padahal satu sms atau telpon yang sebentar bisa jadi sangat membahagiakan mereka.

Berbakti dan menyenangkan kepada orang tua termasuk ibadah yang sangat besar. Sangat banyak dalil mengenai hal ini. Perlu diketahui bahwa Ridha Allah sejalan dengan ridha kedua orang tuanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

رِضَا الرَّبِّ فِي رِضَا الْوَالِدِ، وَسُخْطُ الرَّبِّ فِي سُخْطِ الْوَالِدِ

“Ridha Allah bergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah bergantung kepada kemurkaan orang tua” (HR. Bukhari)

 

  1. Pastikan Al-Quran dan Aplikasi Doa-dzikir ada di gadgetmu

Bacalah Al-Quran setiap hari walaupun sedikit dan mari kita berusaha menghapal doa keseharian kita. Ketika bangun tidur, ketika perjalanan, ketika masuk dan keluar WC dan dzikir pagi-petang. Sehingga kita senantiasa selalu ingat Allah dengan doa, dzikir dan Al-Quran yang membuat hidup kita lebih tenang, bahagia, optimis, serta  waktu menjadi efektif dan barakah. Yakinilah hal ini dan sudah tebukti hari-hari menjadi berkah dengan membaca Al-Quran.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

 

  1. Aplikasi hadits juga penting, terutama hadits Arbain An-Nawawiyah

Sebaiknya kita berusaha menghapal hadits Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam yang mulia. Sebaiknya dari hadits Arbain an-nawawiyah, hadits yang ringkas dengan padat makna dan bermanfaat. Sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari agar selalu bejalan dalam ajaran Islam.

Tedapat keutamaan bagi orang yang menghapal hadits walaupun sedikit.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

نَضَّرَ اللهُ امْرَءاً سَمِعَ مِنَّا حَدِيْثاً فَحَفِظَهُ – وفي لفظٍ: فَوَعَاها وَحَفِظَها – حَتَّى يُبَلِّغَهُ، فَرُبَّ حامِلِ فِقْهٍ إلَى مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُ، وَرُبَّ حامِلِ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيْهٍ

Semoga Allah mencerahkan (mengelokkan rupa) orang yang mendengar hadits dariku, lalu dia menghafalnya – dalam lafazh riwayat lain: lalu dia memahami dan menghafalnya –, hingga (kemudian) dia menyampaikannya (kepada orang lain), terkadang orang yang membawa ilmu agama menyampaikannya kepada orang yang lebih paham darinya, dan terkadang orang yang membawa ilmu agama tidak memahaminya” (HR. Abu Dawud, shahih)

 

  1. Kamera untuk hal positif, buat gambar-desain motvasi islami bermanfaat

Bagi anda yang berjiwa seni, anda bisa membuat gambar dan desain motivasi islami yang bemanfaat. Dengan desain menarik disertai ptongan al-Quran dan hadits atau pekataan ulama yang memotivasi dan indah, insyaAllah akan sangat bemanfaat bagi orang lain, bisa mencerahkan, memberi optimis dan semangat beagama.

Akan tetapi harus bijak, jangan sampai sering digunakan foto selfie dengan rasa ujub atau menggunakan untuk foto-foto yang tidak bermanfaat.

 

  1. Simpan e-book bermanfaat

Buku-buku yang bemanfaat bagi dunia akhirat bisa dibaca melalui gadget. Lebih mudah dan praktis serta kita bisa membacanya di manapun jika memungkinkan. Selalu berusaha menambah ilmu dan menghilangkan kebodohan dari diri kita. Islam mengajarkan agar kita mempunyai budaya baca. Sebagaimana ayat pertama yang turun adalah perintah untuk membaca.

8.Kamus bermanfaat dan google translate dan percakapan dasar

Ada yang mengatakan jika ingin mengusasi dunia, kuasailah bahasa dahulu. Bahasa Inggris mungkin sangat bermanfaat untuk dunia tetapi bahasa Arab sangat bermanfaat bagi akhirat dan tentunya dunia juga karena bahasa Arab juga merupakan bahasa Internasional.

Jika kita berkeinginan untuk mengusainya, pastikan aplikasi bermanfaat seperti kamus, google translate atau aplikasi percakapan dasar adan di gadget kita.

  1. Aplikasi bermanfaat lainnya

Instal aplikasi bermanfaat lainnya seperti program aplikasi web-web bermanfaat, program hapalan doa, tafsir Al-Quran,  ensklopedia dunia,  program mendidik anak dan program bermanfaat lainnya. Jangan sampai ada program game di gadget kita walaupun hanya game kecil. Karena game banyak membuang waktu kita. Ketika jenuh, maka berdizkirlah dan telponlah teman serta keluarga kita. Masih banyak cara lainnya untuk menghilangkan jenuh dan bosan selain main game.

Demikian semoga bermanfaat

 

@Pogung Dalangan,  Yogyakarta Tercinta

Penyusun:  Raehanul Bahraen

Artikel www.muslimafiyah.com

 

silahkan like fanspage FB , subscribe facebook dan   follow twitter

 

 

 

 

2 Comments

  1. arka numan says:

    apapun aksesories teknologi yang kita punya sudah selayaknya dipergunakn juga sebagaia sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik Allah semata

Leave a Reply