Home / Aqidah / Kan Cuma Iseng Baca Zodiak dan Ramalan, Masa’ Serem Gitu Sih???

Kan Cuma Iseng Baca Zodiak dan Ramalan, Masa’ Serem Gitu Sih???

[Dakwah Tauhid Prioritas, Semoga Tak Terlupakan #3]

BangBro: Masa’ sih Cuma baca doang zodiak di majalah ama di koran serem gitu ancamananya dalam agama. Katanya shalat gak diterima 40 hari, bisa syirik dan batal keIslaman, katanya juga bisa seperti mengingkari wahyu Nabi? Bener gak sih, kayaknya sepele banget kok akibatnya kayak gitu

KangBro: bisa aja bro, banyak lho hal sepele tapi akibatnya bahaya banget. Misalnya perusahan besar ini, petugas kebersihannya mungkin sepele dibanding, manager, operator, tapi klo gak ada bahaya tu. Gitu juga dengan mobil, satu aja kabel stop kontaknya putus bisa gak jalan mobilnya.

BangBro: emang bahayanya apa aja?

KangBro: Bahaya banget Bro, karena itu termasuk kesyirikan beragama, bukan nakut-nakuti lho

Nih tak kasi tahu ya point-pointnya:

1. Zodiak dan perbintangan itu kan Ramalan tentang masa depan, jelas bohongnya bro, mana ada yang tahu masa depan kecuali Allah[1] dan mereka orang khusus yang diberi tahu oleh Allah seperti Nabi dan jarang banget juga, sekarang mana ada yang tahu masa depan

Logika aja bro, suruh tuh dukun atau peramal, ramalin nasibnya besok, mana usaha yang sukses, kalau beneran mah, udah kaya dan sukse mereka. Tapi kenyataannya??

2. Ini bukan masalah sepele lho, karena Allah sudah mengatakan tidak ada yang tahu masa depan dan ilmu ghaib, hanya Allah yang tahu lho.

Coba deh, bos besar diperusahan bilang, “Jangan ada yang masuk ruangan ini kecuali saya”, nah ada yang berani melanggar ga?

Gitu juga Allah berfirman,

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ

Katakanlah: “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah” (QS. An Naml: 65).

3. Karena itulah walaupun sekedar Iseng datang kepada dukun dan tukang ramal, diancam tidak diterima shalatnya 40 hari[2]. Nah sama dengan sekedar iseng baca-baca zodiak, walaupun gak percaya-percaya amat

4. Zodiak ini termasuk Ilmu perbintangan yang dilarang[3] , karena Zaman Nabi juag sudah ada lho

5. Ini yang Bahaya Bro, kalau baca Zodiak dan percaya ama dukun dan tukang ramal, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bilang lho, berarti dia sudah mengingkari apa yang diturunkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam[4] . Bahaya kan Bro?

BangBro: bener juga bro, ternyata bahaya banget walaupun iseng ya, Semoga kaum muslimin sudah tahu tentang ini.

-selesai dialog-

Catatan:

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam saja tidak mengetahui hal ghaib

Allah Ta’ala berfirman,

قُلْ لَا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلَا ضَرًّا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۚ وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ ۚ إِنْ أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Katakanlah (wahai Muhammad):Aku tidak kuasa mendatangkan kemanfaatan bagi diriku dan tidak pula kuasa menolak kemadharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan andaikata aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemadharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman. [al-A’raf/7: 188]

Hanya Allah yang mengetahui kunci-kunci ilmu ghaib

Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا هُوَ

“Dan di sisi Allah-lah kunci-kunci yang ghaib. [al-An’am/6:59].

Allah Azza wa Jalla juga berfirman:

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Sesungguhnya hanya di sisi Allah sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada di dalam rahim, dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang diusahakan besok, dan tiada seorang pun yang mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. [Luqman/31: 34]

 

Demikian semoga bermanfaat

@Laboratorium Klinik RSUP DR. Sardjito,  Yogyakarta Tercinta

 

Penyusun:  Raehanul Bahraen

Artikel www.muslimafiyah.com

silahkan like fanspage FB ,  follow twitter , Follow Akun Faceebook

 

 

catatan kaki:

[1] Allah Ta’ala berfirman,

Allah berfirman,

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ

Katakanlah: “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah” (QS. An Naml: 65).

 

[2] Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَىْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal, maka shalatnya selama 40 hari tidak diterima.” (HR. Muslim no. 2230).

[3] Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنِ اقْتَبَسَ عِلْمًا مِنَ النُّجُومِ اقْتَبَسَ شُعْبَةً مِنَ السِّحْرِ زَادَ مَا زَادَ

Barangsiapa mengambil ilmu perbintangan, maka ia berarti telah mengambil salah satu cabang sihir, akan bertambah dan terus bertambah.”[ HR. Abu Daud no. 3905, Ibnu Majah no. 3726 dan Ahmad 1: 311. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut hasan.]

 

[4] Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَتَى كَاهِناً أَوْ عَرَّافاً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

Barangsiapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkannya, maka ia berarti telah kufur pada Al Qur’an yang telah diturunkan pada Muhammad.” (HR. Ahmad no. 9532, hasan)

 

Leave a Reply