Faidah Ringkas

Sering Wudhu Bisa Bikin Wajah Glowing?

[Rubrik: Faidah Ringkas]

Wudhu merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Selain menjadi syarat sahnya shalat, wudhu juga menjadi sebab yang mendatangkan kecintaan Allah, sebab terhapusnya dosa, dan juga di antara sebab masuk ke dalam surga-Nya.

Lantas, benarkah apa yang banyak dibilang oleh banyak orang kalau sering wudhu akan membuat kulit cerah dan glowing?

Jika yang dimaksudkan adalah di hari kiamat kelak, maka benar demikian. Salah satu keutamaan yang akan didapatkan oleh orang yang rutin berwudhu di dunia, dia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan memiliki gurrah dan tahjil. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ حَوْضِي أَبْعَدُ مِنْ أَيْلَةَ مِنْ عَدَنٍ لَهُوَ أَشَدُّ بَيَاضًا مِنَ الثَّلْجِ، وَأَحْلَى مِنَ الْعَسَلِ بِاللَّبَنِ، وَلَآنِيَتُهُ أَكْثَرُ مِنْ عَدَدِ النُّجُومِ وَإِنِّي لَأَصُدُّ النَّاسَ عَنْهُ، كَمَا يَصُدُّ الرَّجُلُ إِبِلَ النَّاسِ عَنْ حَوْضِهِ ؛ قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ أَتَعْرِفُنَا يَوْمَئِذٍ؟ قَالَ: نَعَمْ لَكُمْ سِيمَا لَيْسَتْ لِأَحَدٍ مِنَ الْأُمَمِ تَرِدُونَ عَلَيَّ غُرًّا، مُحَجَّلِينَ مِنْ أَثَرِ الْوُضُوءِ

“Sesungguhya telagaku lebih jauh daripada jarak kota A`ilah dengan kota ‘Adn. Sungguh ia lebih putih daripada salju, dan lebih manis daripada madu yang dicampur susu. Dan sungguh, cangkir-cangkirnya lebih banyak daripada jumlah bintang. Dan sungguh, aku menghalau manusia darinya sebagaimana seorang laki-laki menghalau unta orang lain dari telaganya.”
Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah Engkau mengenal kami pada waktu itu?”
Beliau menjawab, “Ya, aku mengenal. Kalian memiliki tanda yang tidak dimiliki oleh umat-umat lain. Kalian muncul dalam keadaan memiliki ghurrah dan tahjiil disebabkan bekas air wudhu.”
(HR. Muslim no. 247)

Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah berkata,

والمراد بها هنا النور الكائن في وجوه أمة محمد صلى الله عليه وسلم

“Yang dimaksud (dengan ghurrah) adalah cahaya putih yang terdapat pada wajah umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Fathul Baari, 1: 236)

Jadi, pada hari kiamat, orang-orang yang sering berwudhu maka anggota wudhunya akan nampak bersinar atau glowing.

Adapun jika ingin glowing di dunia, maka air wudhu tidak serta merta mencerahkan wajah, karena air wudhu adalah air putih biasa. Sedangkan pencerah wajah biasanya didapatkan dari vitamin-vitamin khusus untuk kulit.

Meskipun demikian, orang-orang yang rutin berwudhu kemudian shalat dengan benar bisa membawa pengaruh pada kehidupannya, sehingga nampak lebih tenang, ceria, dan bahagia yang kemudian terpancar pada raut wajahnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَجُعِلَتْ قُرَّةَ عَيْنٍ فِيْ الصَّلَاةِ

“Dan telah dijadikan penghibur (penghias) hatiku (kebahagiaanku) pada shalat.” (HR. An-Nasai no. 3939)

Artikel www.muslimafiyah.com | Asuhan Ustadz dr. Raehanul Bahraen, M.Sc., Sp.PK. Alumnus Ma’had Al Ilmi Yogyakarta

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *