Home / Aqidah / Tauhid Bisa Menghapuskan Semua Dosa

Tauhid Bisa Menghapuskan Semua Dosa

#IndonesiaBertauhid

Keutamaan bagi manusia yang ber-TAUHID, yaitu akan diampuni dosanya seluruhnya. Jika ia datang dengan dosa sepenuh bumi, maka akan diberikan ampunan sepenuh bumi pula. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, bahwa Allah Ta’ala berfirman,
ﻭَﻣَﻦْ ﻟَﻘِﻴَﻨِﻲ ﺑِﻘُﺮَﺍﺏِ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﺧَﻄِﻴْﺌَﺔً ﻻَﻳُﺸْﺮِﻙُ ﺑِﻲ ﺷَﻴْﺌًﺎ، ﻟَﻘِﻴْﺘُﻪُ ﺑِﻤِﺜْﻠِﻬَﺎ ﻣَﻐْﻔِﺮَﺓً 
“Barangsiapa menjumpai-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi dalam keadaan tidak mempersekutukan sesuatupun dengan Aku (BERTAUHID), maka Aku akan menjumpainya dengan ampunan yang sepenuh bumi pula”. (HR. Muslim).
Perlu diketahui, tauhid seorang hamba bertingkat-tingkat, ada yang kurang dan ada yang sempurna (misalnya: syirik kecil bisa mengurangi tauhid seseorang) Sehingga ampunan dosa sesuai dengan tauhidnya. 
Ibnul Qayyim menjelaskan,
ﻭﻛﻠﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺃﻋﻈﻢ ، ﻛﺎﻧﺖ ﻣﻐﻔﺮﺓ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻪ ﺃﺗﻢ ، ﻓﻤﻦ ﻟﻘﻴﻪ ﻻ ﻳﺸﺮﻙ ﺑﻪ ﺷﻴﺌﺎ ﺍﻟﺒﺘﺔ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ ﺫﻧﻮﺑﻪ ﻛﻠﻬﺎ ، ﻛﺎﺋﻨﺔ ﻣﺎ ﻛﺎﻧﺖ ، ﻭﻟﻢ ﻳﻌﺬﺏ ﺑﻬﺎ 
“Tatkala tauhid seorang hamba semakin besar/sempurna, semakin sempurna juga ampunan Allah. Barangsiapa yang berjumpa dengan Allah, tidak menyekutukan-Nya (syirik) sama sekali, maka Allah akan mengampuni dosanya semuanya. Bagaimanapun dosa tersebut. Allah tidak akan mengadzab atas dosa tersebut.” (Madarijus Salikin 1/338)
Hendaknya seorang muslim sungguh-sungguh mempelajari tauhid:

-Apa yang bisa mengurangi tauhid

-Apa yang bisa menyempurnakan tauhid

-Keutamaan tauhid

-Macam-macam syirik dan contohnya

-Berusaha pernah selesai membahas kitab tauhid dengan penjelasan ulama dan ustadz
Demikian juga penjelasan mengenai “hadits bithaqah”, yaitu seorang hamba ketika ditimbang amalnya, ada 99 kartu catatan sejauh mata memandang berisi dosa dan ditimbang dengan satu kartu kebaikan yang hanya berisi kalimat “Laa ilaha illallah”. Yang lebih berat adalah kalimat tauhid. Silahkan baca penjelasannya:
muslimafiyah.com/dosa-99-lembar-sejauh-mata-memandang-terhapus-dengan-tauhid.html
Dosa kesyirikan adalah dosa terbesar dalam agama dan tidak akan diampuni jika dibawa mati dan belum bertaubat. Silahkan baca:

Maksud Ayat: Tidak Diampuni Jika Melakukan Dosa Syirik


Demikian semoga bermanfaat
@Gedung Radioputro FK UGM, Yogyakarta Tercinta
Penyusun: Raehanul Bahraen
Artikel www.muslimafiyah.com

Leave a Reply