AqidahFaidah RingkasKisah
Trending

Peristiwa Isra’ Mi’raj Menunjukkan Allah Berada di Atas, Bukan di Mana-Mana

[Rubrik: Faidah Ringkas]

Peristiwa Isra’ Mi’raj adalah salah satu peristiwa yang sangat agung dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wasallam. Pada saat itu Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam didampingi malaikat Jibril ‘alaihissalam melakukan Isra’ yaitu perjalanan dari Makkah menuju Baitul Maqdis kemudian dilanjutkan dengan Mi’raj yaitu perjalanan menuju langit hingga Sidratul Muntaha.

Kisah yang menakjubkan ini disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya di Al-Quran,

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ ءَايَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِير

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Al-Isra` : 1)

Dalam berbagai hadits shahih dijelaskan bahwa pada peristiwa tersebut Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengalami berbagai kejadian luar biasa, bertemu dengan para Nabi ‘alaihimussalam, lalu puncaknya adalah bertemu dengan Allah Ta’ala di atas langit untuk menerima perintah shalat.

Perjalanan Mi’raj Nabi Menuju Langit Menunjukkan bahwa Allah Berada di Atas Langit, Tepatnya di Atas ‘Arsy-Nya.

Perjalanan Mi’raj Nabi menuju langit ini sekaligus menunjukkan bahwa Allah itu tinggi berada di atas langit sesuai dengan keagungan-Nya, tepatnya di atas ‘Arsy-Nya. Dan ini merupakan aqidah kaum muslimin seluruhnya dari dahulu hingga sekarang yang disepakati oleh empat imam madzhab. Allah berfirman,

الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى

“(Yaitu) Rabb Yang Maha Pemurah. Yang beristiwa’ (menetap tinggi) di atas ‘Arsy .” (QS. Thaha : 5)

Sebenarnya, ada banyak sekali ayat maupun hadits yang secara langsung atau tidak langsung menjelaskan akan ketinggian Allah di atas langit. Bahkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan,

قَالَ بَعْضُ أَكَابِرِ أَصْحَابِ الشَّافِعِيِّ : فِي الْقُرْآنِ ” أَلْفُ دَلِيلٍ ” أَوْ أَزْيَدُ : تَدُلُّ عَلَى أَنَّ اللَّهَ تَعَالَى عَالٍ عَلَى الْخَلْقِ وَأَنَّهُ فَوْقَ عِبَادِهِ . وَقَالَ غَيْرُهُ : فِيهِ ” ثَلَاثُمِائَةِ ” دَلِيلٍ تَدُلُّ عَلَى ذَلِكَ

“Sebagian ulama besar Syafi’iyah mengatakan bahwa dalam Al Qur’an ada 1000 dalil atau lebih yang menunjukkan Allah itu berada di ketinggian di atas seluruh makhluk-Nya. Dan sebagian mereka lagi mengatakan ada 300 dalil yang menunjukkan hal ini.” (Majmu’ Al Fatawa, 5/121)

Anehnya, banyak yang mengaku Syafi’iyah namun menolak jika Allah dinyatakan berada di atas! Imam Syafi’i rahimahullah sendiri pernah mengatakan,

وأن الله على عرشه في سمائه يقرب من خلقه كيف شاء وأن الله تعالى ينزل إلى السماء الدنيا كيف شاء

“Sesungguhnya Allah berada di atas ‘Arsy-Nya yang berada di atas langit-Nya, namun walaupun begitu Allah pun dekat dengan makhluk-Nya sesuai yang Dia kehendaki. Allah Ta’ala turun ke langit dunia sesuai dengan kehendak-Nya.” (Lihat Al-‘Uluw lil ‘Aliyyil Ghofar, Imam Adz-Dzahabi, hal. 120)

Imam Al-Muzani, murid senior Imam Asy-Syafi‘i berkata,

[عَالٍ] عَلَى عَرْشِهِ ، وَهُوَ دَانٍ بِعِلْمِهِ مِنْ خَلْقِهِ ، أَحَاطَ عِلْمُهُ بِالأُمُوْرِ …

“Tinggi di atas ‘Arsy-Nya, Dia (Allah) dekat pada hamba-Nya dengan ilmu-Nya. Ilmu-Nya meliputi segala sesuatu…” (Syarḥus Sunnah)

Imam Ibn Khuzaimah Asy-Syafi’i berkata,

فَتِلْكَ الْأَخْبَارُ كُلُّهَا دَالَّةٌ عَلَى أَنَّ الْخَالِقَ الْبَارِيَ فَوْقَ سَبْعِ سَمَوَاتِهِ ، لَا عَلَى مَا زَعَمَتِ الْمُعَطِّلَةُ : أَنَّ مَعْبُوْدَهُمْ هُوَ مَعَهُمْ فِي مَنَازِلِهِمْ.

“Maka hadis-hadis ini seluruhnya menunjukkan bahwa Pencipta berada di atas langit yang tujuh. Hal ini tidak sebagaimana yang dipersangkakan oleh al-Mu‘atthilah (para penolak sifat Allah) bahwasanya sembahan mereka bersama mereka di rumah-rumah mereka.” (Kitab At-Tauḥid, 1/273)

Artikel www.muslimafiyah.com
Asuhan Ustadz dr. Raehanul Bahraen, M.Sc., Sp.PK. (Alumnus Ma’had Al-Ilmi Yogyakarta)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *